Bamsoet Apresiasi Terbentuknya Kepengurusan IMI Nusa Tenggara Barat Hingga Tingkat Kabupaten/Kota

IMI NTB menjadi pelopor yang secara resmi telah menjalankan amanat Munaslub IMI 2022.

Editor: Content Writer
MPR RI
Bamsoet saat pelantikan pengurus IMI NTB 2022-2026, di Lombok, NTB, Agustus lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan pengurus IMI Nusa Tenggara Barat (NTB) di bawah kepemimpinan dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes (dr. Jack) yang telah menyempurnakan kepengurusan IMI NTB hingga ke tingkat kabupaten/kota.

Hal tersebut ditandai dengan pelantikan pengurus IMI di 10 kabupaten/kota se-NTB yang dilantik oleh Ketua IMI NTB dr. Jack, disaksikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah, di Hotel Santika, NTB, Jumat (4/11/22).

"IMI NTB menjadi pelopor yang secara resmi telah menjalankan amanat Munaslub IMI 2022, di mana salah satu hasilnya yakni penyempurnaan AD/ART IMI untuk menghadirkan kepengurusan IMI hingga tingkat kabupaten/kota. Para Ketua IMI di berbagai provinsi yang telah resmi dilantik, harus segera mengikuti langkah dr. Jack untuk menyempurnakan kepengurusan IMI hingga tingkat kabupaten/kota di bawahnya," ujar Bamsoet di Jakarta, Sabtu (5/11/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dengan telah menyempurnakan kepengurusan IMI hingga tingkat kabupaten/kota, IMI NTB semakin solid dalam memajukan olahraga dan mobilitas otomotif di NTB.

Mengingat berkat dukungan Presiden Joko Widodo, NTB telah memiliki Pertamina Mandalika International Street Circuit yang bukan hanya menjadi sirkuit kebanggaan Indonesia untuk meningkatkan prestasi atlet balap, melainkan juga menjadi sport automotive tourism yang memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat NTB.

"Pertamina Mandalika International Street Circuit telah sukses menyelenggarakan World Superbike 2021, MotoGP 2022, dan kini sedang mempersiapkan World Superbike 2022. Tidak hanya di Mandalika, NTB juga sukses menjadi tuan rumah FIM Motocross World Championship MXGP of Indonesia pada 24-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit, di Samota, Sumbawa. Tahun depan, Sumbawa juga akan kembali menjadi tuan rumah MXGP. Berbagai event internasional tersebut meneguhkan NTB sebagai salah satu pusatnya olahraga otomotif Indonesia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, maraknya berbagai kejuaraan internasional di NTB juga harus dimanfaatkan IMI NTB dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota untuk membantu pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan masyarakat NTB dalam menggerakkan sport automotive tourism.

Dengan begitu, momentum kejuaraan internasional tak hanya menjadi kesempatan untuk meningkatkan prestasi balap atlet nasional, namun juga mengenalkan Indonesia ke mata dunia, juga bisa dijadikan sebagai penggerak ekonomi rakyat.

"Sebagaimana telah terjadi pada pelaksanaan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 lalu di Sirkuit Mandalika. Hampir 1,6 miliar penonton dunia menyaksikannya, menjadi promosi yang luar biasa bagi NTB pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kontribusi nyata dari sektor perekonomian juga terlihat dari perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB yang melaporkan perputaran uang selama gelaran MotoGP di Mandalika mencapai Rp 606,7 miliar," pungkas Bamsoet. (*)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved