Program Rumah DP 0 Rupiah Disambut Antusias Warga Jakarta

Program rumah DP 0 Rupiah disambut antusias oleh masyarakat Ibu Kota. Pada tahap pertama, 1.790 orang dinyatakan lolos seleksi program DP 0 Rupiah

Program Rumah DP 0 Rupiah Disambut Antusias Warga Jakarta
ISTIMEWA
Antusiasme warga Jakarta mendaftarkan diri mereka pada program DP Rumah 0 Rupiah. 

TRIBUNNEWS.COM - Program rumah DP 0 Rupiah disambut antusias oleh masyarakat Ibu Kota. Pada tahap pertama, 28 Juli 2019, 1.790 orang dinyatakan lolos seleksi program DP 0 Rupiah, dari 2.359 pendaftar.

Karena antusiasme masyarakat masih tinggi, Pemprov DKI membuka pendaftaran gelombang kedua pada 7 Agustus 2019 dan hingga saat ini masih membuka pendaftaran untuk penduduk dengan KTP DKI Jakarta yang berminat.

Pada pendaftaran tahap kedua, Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan, mengatakan antusiasme warga juga cukup tinggi.

Pada saat itu, dari daftar hadir di lokasi terdapat 233 orang, karena ada juga beberapa warga yang tidak termasuk dalam daftar undangan, namun tertarik ingin mendaftar.

"Mereka tetap dilayani dengan baik, diberikan informasi tentang program ini, kami catat nama dan data kontaknya, untuk nanti akan dikabari jika ada pendaftaran baru," kata Dzikran Kurniawan.

Salah seorang warga yang ditemui di lokasi pendaftaran menceritakan besarnya harapan mereka atas program ini.

"Program ini banyak lah manfaatnya, biasanya kan DP-nya gede tuh, 30 juta, ini kan nggak pake DP, jadi agak ringan. Sebelumnya saya nggak kepikiran punya rumah di Jakarta, karena kalau pengen punya rumah pasti minggir, kalau di Jakarta kan harganya tidak kebeli," ujar Bonang, seorang pekerja hotel yang saat ini mengontrak di Tanah Merah, Jakarta Utara.

Sebanyak 220 pendaftar dinyatakan lolos verifikasi persyaratan administrasi di hari pertama proses pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah, Sabtu (27/7/2019).
Sebanyak 220 pendaftar dinyatakan lolos verifikasi persyaratan administrasi di hari pertama proses pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah, Sabtu (27/7/2019). (ppdi.jakarta.go.id)

Dengan program Solusi Rumah Warga (Samawa) ini, warga Jakarta menengah ke bawah bisa memiliki rumah yang cicilannya relatif terjangkau, tanpa harus membayar uang muka.

Hingga Oktober 2019, 78 kepala keluarga juga sudah melakukan akad Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Sedangkan 64 kepala keluarga telah serah terima kunci dan siap menghuni rumah barunya.

Persiapkan Samawa di Lokasi Lainnya

Melihat antusias dan minat masyarakat dalam kepemilikan hunian tanpa uang muka (DP) di Menara SAMAWA yang terletak di Nuansa Pondok Kelapa, Jl. H. Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, menjadi langkah awal yang baik untuk membangun hunian DP 0 Rupiah di wilayah lain di Jakarta.

Perumda Pembangunan Sarana Jaya telah merencanakan pembangunan hunian DP 0 Rupiah yang berada di daerah Cilangkap dan Pulo Gebang, Jakarta Timur.

"Memang betul kami sedang merencanakan groundbreaking pembangunan hunian DP 0 Rupiah di Cilangkap akhir tahun ini, yang di Pulo Gebang tahun 2020. Saat ini sudah memasuki tahap perencanaan master plan-nya," ujar Yoory C. Pinontoan.

Rencananya, pembangunan hunian DP 0 Rupiah di Cilangkap, terdapat 21 lantai dengan jumlah unit kurang lebih 800 unit.

"Jika diperhatikan hunian DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa dapat menjadi show case bagi developer lain untuk mengusung konsep DP 0 Rupiah, di mana ternyata ini bisa berjalan,” tandasnya.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved