Kini Festival Kota Jakarta Makin Meriah

Disparbud ingin menumbuhkan semarak aktivitas pariwisata Jakarta melalui event-event yang dapat memikat kunjungan wisatawan di setiap kawasan.

Kini Festival Kota Jakarta Makin Meriah
Pemprov DKI Jakarta
Kemeriahan Jakarnaval 2019, festival rangkaian ulang tahun Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DKI Jakarta memang istimewa buat para pelancong. Bagaimana tidak? Provinsi ini memiliki 216 destinasi wisata, sebagaimana riset yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Disparbud DKI Jakarta, Alberto Ali, Jakarta sangat kaya akan destinasi wisata. “Riset yang dilakukan tim Disparbud menunjukkan bahwa Jakarta memiliki 216 destinasi wisata. Dari situ, dibagilah keempat kawasan destinasi, yakni Heritage, Nature, Urban, Youth, dan Culinary Destination,” ungkap Alberto.

Untuk itu, Disparbud ingin menumbuhkan semarak aktivitas pariwisata Jakarta melalui event-event yang dapat memikat kunjungan wisatawan di setiap kawasan.

“Selain penataan kawasan yang rapi, kami juga bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk menggelar banyak event supaya kunjungan wisatawan semakin banyak. Kami bekerja sama dengan EO, startup, hotel, restoran, dan lain-lain. Jika mengandalkan APBD mungkin terlalu berat ya,” terang  Alberto.

Di tahun 2019 ini, Disparbud telah menggelar berbagai event unggulan yang menggenjot kunjungan wisatawan, di antaranya Jakarnaval, Jakarta Night Festival, Festival Musik Tepi Barat, Festival Museum Enjoy Jakarta, Monas Week, Jakarta International Folklore Festival (JIFF), Seribu Island Reggae Festival, Jakarta International Photo Festival (JIPFEST), dan Jakarta Muharram Festival.

Baca: Penataan PKL Ada 3 Zona Saat CFD, Anies Baswedan: PKL itu seharusnya ditata, bukan ditertibkan

musik tepi barat disparbud
Musik Tepi Barat, Karena Trotoar Nggak Harus Garing - September 2019.

Alberto mengungkapkan bahwa event tersebut juga mampu menghidupkan aktivitas perekonomian warga Jakarta. 

“Salah satu program unggulan kami adalah meningkatkan pariwisata Jakarta yakni dengan mengembangkan event-event yang bisa mendatangkan wisatawan. Misal, waktu itu kita pernah menggelar Seribu Island Reggae Festival, animo masyarakat besar sekali, sekitar 4 ribu orang datang ke pesta musik tersebut. Sehingga, bisa pula meningkatkan aktivitas perekonomian di Kepulauan Seribu,” papar Alberto.

Baca: Pangan Murah Bantu Warga Jakarta Kurangi Pengeluaran

Disparbud akan mengupayakan event besar di Jakarta dapat rutin dilaksanakan setiap tahun, bahkan bertambah. Salah satu yang terbesar diadakan pada Juni 2020 dan sedang dipersiapkan, yakni kompetisi balap mobil bergengsi, Formula E 2020.

jakarta eprix juni 2020
Jakarta E-Prix akan digelar Juni 2020.

“Festival sepanjang tahun inilah yang sedang kita perbanyak, kita promosikan agar masyarakat tahu event besar apa saja yang berkaitan dengan festival. Alhamdulillah kita sudah adakan beberapa yang tahunan, seperti Jakarnaval, Jakarta Night Festival, dan lain-lain. Tahun depan akan ada acara berskala internasional, yaitu Formula E atau Jakarta E-Prix,” ungkap Alberto.

Hidayat (37) adalah salah satu warga Tangerang yang pernah mengunjungi Monas Week 2019 bersama keluarga. Monas Week 2019 adalah pekan pameran seni budaya yang menampilkan keragaman budaya Jakarta dalam tampilan teknologi moderen. Salah satunya berupa Pameran Hologram yang menampilkan wajah Jakarta dari masa ke masa.

Baca: Berbasis Kawasan, Ini 3 Langkah Disparbud Bangkitkan Destinasi Wisata Jakarta

“Acaranya bagus, bisa jadi sarana edukasi anak-anak untuk mengenal keberagaman budaya Jakarta. Semoga acaranya rutin dan makin meriah, karena waktu itu saya lihat ramai banget yang dateng,” ujar Hidayat ketika dihubungi Tribunnews via telepon, Jumat (1/11).

Sama halnya dengan Alya (25) adalah warga Bandung yang pernah mengunjungi Jakarnaval. “Makin banyak acara makin bagus, makin banyak alasan untuk main ke Jakarta, apalagi kalau yang skalanya besar lagi kaya Jakarnaval. Waktu itu sempat gak nyangka aja kalau Jakarta bisa disulap dengan karnaval semeriah itu,” kata Alya, yang juga dihubungi Tribunnews pada Jumat (1/11).

Nah, bagi Anda yang tak mau ketinggalan event seru Jakarta, intip jadwal lengkapnya di situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved