Pemprov DKI Terus Kembangkan Layanan JakLingko, Dorong Masyarakat Beralih ke Angkutan Umum

Pemprov DKI Jakarta terus mengembangkan layanan transportasi terintegrasi melalui program JakLingko.

Editor: Content Writer
Istimewa/Dok. Pemprov DKI
Salah satu bus listrik yang beroperasi di DKI Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, GAMBIR – Untuk mendorong masyarakat beralih menggunakan angkutan umum, Pemprov DKI Jakarta terus mengembangkan layanan transportasi terintegrasi melalui program JakLingko. Salah satunya dengan menghadirkan layanan berbasis aplikasi. 

Direktur Utama (Dirut) PT JakLingko, Muhammad Kamaluddin mengatakan, kini sudah tersedia aplikasi JakLingko yang dapat bisa diunduh di Playstore (untuk pengguna Android) dan AppStore (untuk pengguna iOS) atau melalui tautan https://bit.ly/JLIApps. 

Melalui aplikasi ini, pengguna transportasi umum dapat mengetahui moda transportasi publik terdekat dari lokasi asal hingga sampai ke tujuan, serta bisa memesan dan membayar tiket MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, atau  KRL, baik untuk perjalanan satu moda maupun multimoda dengan fitur Journey Planner (rencana perjalanan). 

“Aplikasi JakLingko saat ini juga sudah terhubung dengan mitra transportasi first mile dan last mile (ojek online) seperti Grab (bike dan car), sehingga memudahkan mobilitas masyarakat menuju stasiun atau halte transportasi umum terdekat sampai ke tempat tujuan,” katanya. 

Dengan aplikasi JakLingko, seamless transaction dapat meningkat di sektor transportasi, serta memberikan kemudahan dan banyak manfaat bagi masyarakat, dengan prinsip Ekonomis, Efektif, dan Efisien (3E). Aplikasi JakLingko ini pun terus dikembangkan, tak hanya untuk layanan transportasi, tetapi bisa juga digunakan untuk membayar tagihan, seperti BPJS, pulsa, dan listrik. 

“Untuk opsi pembayaran, saat ini JakLingko sudah dapat menggunakan QRIS dan Fello. Sedangkan, untuk e-wallet lainnya, saat ini dalam proses pembahasan kerja sama dan diharapkan dalam waktu dekat semakin banyak opsi pembayaran yang bisa menjadi alternatif pilihan masyarakat,” ujarnya. 

Tak hanya mengembangkan aplikasi, JakLingko dalam waktu dekat pun berencana menerbitkan kartu baru. Bila sebelumnya kartu JakLingko berlatar biru, kini kartu baru JakLingko tampak lebih elegan dengan warna dasar hitam.

kartu baru jaklingko
Kartu baru JakLingko yang akan segera diperjualbelikan.

Pada saat ini, kartu baru JakLingko masih dalam tahap uji coba dan baru dimiliki secara terbatas oleh unsur jajaran Pemprov DKI, komunitas transportasi, dan beberapa unsur masyarakat umum. 

“Kartu JakLingko berwarna hitam belum diperjualbelikan, tetapi kartu transportasi Jaklingko ini telah dipakai dan dimiliki oleh peserta uji coba terbatas kartu dan aplikasi yang berlangsung pada Agustus-Desember 2021,” tuturnya. 

Bagi pemegang kartu transportasi JakLingko baru yang masih terbatas ini, sudah dapat menggunakannya untuk empat moda transportasi, yaitu MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL Commuterline dengan harga tiket atau tarif yang berlaku di masing-masing operator. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved