Pemprov DKI Jadikan Kepulauan Seribu sebagai Pusat Konservasi Ekologi hingga Hadirkan JakGrosir

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan Kepulauan Seribu sebagai pusat konservasi ekologi.

Editor: Content Writer
Istimewa
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan Kepulauan Seribu sebagai pusat konservasi ekologi 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan Kepulauan Seribu sebagai pusat konservasi ekologi.

Hal ini pun sudah tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1042 Tahun 2018 Tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah. Di mana, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menjadikan Pulau Tidung Kecil sebagai pusat informasi, konservasi, rehabilitasi serta edukasi ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil.

Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengungkapkan latar belakang Pulau Tidung Kecil sebagai pusat informasi, edukasi, konservasi ekologi laut berdasarkan Kajian Perencanaan Pengembangan (Masterplan) yang dilakukan Bidang Kelautan DKPKP dibantu tim peneliti IPB Bogor Kondisi Klimatik, Hidro-Oseanografi, Eksisting, dan Ekosistem Pesisir.

"Laut Pulau Tidung Kecil mendukung untuk dijadikan Pusat Informasi Edukasi Konservasi Ekologi Laut Pulau Seribu DKI Jakarta. Tujuan dari program ini yaitu menjadikan Pulau Tidung Kecil sebagai Pusat Data Informasi Edukasi dan Kegiatan Konservasi Rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut di Kepulauan Seribu DKI Jakarta," ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Pulau Tidung Kecil sendiri memiliki wilayah seluas 17,4 hektar dan berada di gugus Pulau Tidung, serta bersebelahan dengan Pulau Tidung Besar pada sisi baratnya. Sehingga, secara administratif, gugus Pulau Tidung termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kelurahan Pulau Tidung.

Sejauh ini, ada beberapa program dan aksi yang sudah dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta dalam rangka menjadikan Kepulauan Seribu sebagai pusat konservasi ekologi.

Pertama, peningkatan luasan area konservasi dan rehabilitasi melalui transplantasi karang dengan target KSD 46 Tahun 2022 ini seluas 0,76 ha (3.800 unit).

Kedua, peningkatan keterampilan dan pembinaan masyarakat dalam konservasi dan rehabilitasi.

Untuk hal ini, terdiri dari pelatihan selam bagi 14 orang dan pembinaan 8 pengelola Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL-BM).

Ketiga, menjadikan Pulau Tidung Kecil sebagai pusat informasi dan edukasi, konservasi ekologi laut dengan rincian kegiatan pembibitan karang, penanaman mangrove dan restoking benih ikan laut.

Keempat, pelaksanaan webinar terkait Kepulauan Seribu dan penyusunan dokumen updating data kondisi ekosistem bawah laut.

"Keterlibatan masyarakat pada program ini yaitu ikut dalam melindungi dan aksi konservasi, serta rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut. Kelompok masyarakat yang telah ditetapkan dan dibina oleh Dinas KPKP seperti Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL-BM), Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) dan lainnya," lanjut Suharini.

JakGrosir untuk Kebutuhan Pokok Warga

JakGrosir adcsdsvqawdc
JakGrosir

Tak hanya itu, JakGrosir sudah ada di salah satu pulau Kepulauan Seribu, yakni di Pulau Tidung Kecil. Sebagai informasi, JakGrosir merupakan induk seluruh gerai pangan yang ada di masing-masing wilayah Jakarta. Perumda Pasar Jaya memiliki beberapa JakGrosir sebagai pusat perkulakan Pasar Jaya, sehingga memudahkan masyarakat untuk berbelanja.

"Dengan kehadiran JakGrosir tersebut, masyarakat bisa menikmati kesetaraan, keadilan, dan kesejahteraan. Tentunya, hal ini semakin terwujud kesetaraan dalam pemenuhan kebutuhan pokok berkualitas, dan terjangkau untuk masyarakat pulau. Untuk harganya pun sama dengan harga di darat dan menghemat waktu serta biaya transportasi," ungkap Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Tri Prasetyo.

Untuk target utama dari JakGrosir sebenarnya adalah para pedagang di pulau agar mendapatkan kebutuhan yang bersubsidi. Tapi, pemilik kartu KJP, lansia, disabilitas, PHL dan PPSU juga bisa dapat pangan murah bersubsidi. Sementara warga lainnya tetap bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Berbagai fasilitas ini pun diapresiasi oleh warga Jakarta. Winda, salah satu warga mengatakan, kesetaraan antara Jakarta dan Kepulauan Seribu mulai terlihat nyata. Berbagai kemudahan yang ada turut berdampak positif bagi wisatawan yang datang.

"Dengan adanya JakGrosir ini, sekarang rasanya ya lebih mudah aja untuk belanja kebutuhan masak dan semacamnya. Di sini juga apa yang dijual lengkap semua, terus harganya juga pas lah engga mahal-mahal. Jadi, sangat terbantu," pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved