Depkop

Layanan 112 Rebut Penghargaan CCW World Level Year 2020

Layanan panggilan darurat 112 merebut penghargaan dalam ajang ContactCenterWorld Top Ranking Performance Competition Tahun 2020

Editor: Content Writer

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Layanan panggilan darurat 112 merebut penghargaan dalam ajang ContactCenterWorld Top Ranking Performance Competition Tahun 2020 untuk tingkat dunia (CCW World Level Year 2020). 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M Ramli menyatakan penghargaan itu diperoleh dalam Kompetisi CCW 2020 yang diajukan dengan tema Layanan panggilan darurat 112 “Passing the Covid Storm in Gaining Hope” (Menjaga  Harapan Melewati Pandemi).

“Dalam kegiatan ini, Kominfo meraih penghargaan Gold Award untuk kategori Best Project Manager sektor Government,” tuturnya di Jakarta, Rabu (03/03/2021).

Dirjen Ramli menjelaskan Layanan Panggilan Darurat 112 (Call Center 112) merupakan inisiatif Kementerian Kominfo untuk membantu kemaslahatan orang banyak (well being).

“Dengan menginisiasi dan memfasilitasi para stakeholders keadaan gawat darurat melalui panggilan darurat 112 yang bebas biaya (free of charge),” tuturnya.

Menurut Dirjen PPI, tujuan penyelenggaraan layanan 112 untuk memudahkan masyarakat melakukan panggilan dan mendapatkan akses bantuan dalam keadaan gawat darurat.

“Seperti kebakaran, kebutuhan petugas medis atau ambulans, kecelakaan, bencana skala terbatas, kekerasan rumah tangga (KDRT) dan beragam masalah ketertiban dan keamanan,” jelasnya.

Selama pandemi, menurut Dirjen Ramli, Layanan 112 menjadi pilar utama untuk penanganan darurat. “Layanan 112 dimanfaatkan untuk koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan setempat untuk membantu masyarakat dalam rangka menghambat penyebaran Covid-19 dan edukasi Kesehatan,” ungkapnya. 

Contact Center World Top Rangking Performance Competition merupakan rangkaian konferensi dan kompetisi yang berlangsung daring pada 10 Februari 2021. Ajang penghargaan ini mempertemukan praktisi contact center terbaik dari beragam negara dari seluruh dunia dengan menyajikan beragam inovasi dan pendekatan praktis dalam dunia contact center.  

Setiap perwakilan negara dan membawakan beragam presentasi inovasi layanan untuk masyarakat. Dalam kompetisi itu, Dirjen Ramli menunjuk Harapan Takaryawan sebagai wakil dari Direktorat Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Kementerian Kominfo.

CCW yang menjadi penyelenggara kompetisi berbasis di Kanada sebagai organisasi asosiasi global untuk para praktisi contact center dan customer engagement tahun 1999. Forum itu juga menjadi berbagi pengetahuan dan berjejaring praktisi Best Practice Contact Center dari beragam negara. Saat ini ContactCenterWorld memiliki lebih dari 205 ribu anggota dan telah menggelar ajang penghargaan tahunan selama 15 tahun terakhir.

Implementasi Transformasi Digital

Dirjen PPI menyatakan Layanan 112 merupakan implementasi arahan Presiden Joko Widodo mengenai Transformasi Digital.

“Kementerian Kominfo melakukan pembenahan di berbagai bidang baik penyediaan infrastruktur, pengembangan aplikasi, penyusunan regulasi, pengendalian, penyiapan SDM Digital, teknologi penunjang, serta riset dan inovasi,” tandasnya.  

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved