Breaking News:

Menikmati Segarnya Air Terjun Tahura

Rekreasi di alam terbuka seperti halnya di taman hutan raya tentu sangat menyenangkan.

zoom-inlihat foto Menikmati Segarnya Air Terjun Tahura
dehid-sawitduniaku.blogspot.com
Air terjun Tahura Kalsel

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Salmah

TRIBUNNEWS.COM, MARTAPURA - Rekreasi di alam terbuka seperti halnya di taman hutan raya tentu sangat menyenangkan. Pesona alam dan kesegaran udara menjadi daya tarik tersendiri.
                
Di Indonesia terdapat 22 tahura, salah satunya Tahura Sultan Adam di Mandiangin yang secara kewilayahan berada di wilayah Kabupaten Banjar dan Tanah Laut Kalimantan Selatan. Tahura yang topografinya perbukitan tersebut dikenal sebagai obyek wisata alam yang cukup banyak dikunjungi.
                
Dari Martapura dan Banjarbaru jarak tempuh menuju Tahura Sultan Adam sekitar 20 km, sedangkan dari Banjarmasin berjarak kurang lebih 55 km. Akses jalan darat ke Mandiangin sangat lancar, karena jalan beraspal tersebut tidak padat lalu lintas.
                
Dapat di tempuh menggunakan roda dua maupun roda empat. Perjalanan dari bundaran simpang empat Banjarbaru sekitar 20-30 menit. Sepanjang perjalanan kita disuguhi suasana pedesaan yang meliputi persawahan, ruamh penduduk dan hutan kecil.

Sampai di gerbang di Tahura Sultan Adam nuansanya menyegarkan karena  di kiri dan kanan jalan masuk dirimbuni pepohonan hijau.
                
"Memasuki wilayah tahura pengunjung akan melalui jalan yang di tiap sisinya di tumbuhi pepohonan yang rindang. Aroma khas hutan terasa sekali di sini, suara kumbang di pepohonan menambah kesan alami," jelas Yani, warga Banjarmasin.
                
Tahura Sultan Adam tidak hanya menawarkan keindahan alam pegunungan saja tapi juga menawarkan kesegaran mata air pegunungan yang mengalir ke sebuah kolam buatan yang konon dibangun zaman penjajahan Belanda dan ada juga yang mengalir membentuk arus alam.
                
"Air dari pegunungan meluncur seperti air terjun, kita bisa mandi atau bermain air sepuas hati. Adapula kolam Belanda, demikian sering disebut orang, yang menjadi obyek tujuan sebagian besar pengunjung Tahura Sultan Adam," papar Yani.

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved