Breaking News:

Tips Masak Hemat Tanpa Mengorbankan Kelezatan Makanan

Menghemat boleh saja, tapi jangan sampai ini membatasi Anda untuk berkreasi menyajikan hidangan terbaik selama bulan suci.

Tribun Jakarta/Daniel Ngantung
Chef Billy Kalangi 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM - Ramadan dan Lebaran tahun ini dibayangi melonjaknya harga kebutuhan pokok sebagai efek dari penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi oleh pemerintah. Alhasil, Anda pun terpaksa mengencangkan bujet belanja kebutuhan, salah satunya kebutuhan untuk memasak.

Menghemat boleh saja, tapi jangan sampai ini membatasi Anda untuk berkreasi menyajikan hidangan terbaik selama bulan suci.
Lantas, bagaimana caranya menghemat tanpa mengorbankan kenikmatan hidangan?

Chef  Billy Kalangi dari "Resep Rahasia Billy", yang tayang di Kompas TV setiap Sabtu pukul 09.00 WIB, menuturkan penghematan dapat dimulai dari bumbu.

"Masakan Indonesia dikenal boros bumbu. Ada baiknya bumbu segar diganti dengan bumbu kering," kata Chef Billy saat ditemui TRIBUNnews.com dalam demo masak "Jof of Cooking" yang digelar Termisil dan Centro Department Centro di Plaza Semanggi, Jumat (5/7/2013).

Cabai kering juga bisa mensubsitusi cabai segar. "Kurang segar memang. Tapi kalau ingin tetap mendapatkan rasa yang segar, campur saja cabai kering dengan cabai segar," ujar pria lulusan Jurusan Pariwisata Universitas Trisakti ini.

Memanfaatkan peralatan berteknologi canggih juga bisa menjadi alternatit. Ia mencontohkan sebuah alat penggorengan yang dapat menggoreng tanpa minyak.

"Ini kan bisa menghemat penggunaan minyak goreng," kata ayah satu putra ini. Lain itu, untuk menghemat minyak goreng, ganti hidangan gorengan dengan hidangan rebus atau panggang.

Harga gas yang naik, tambah Billy, juga bisa disiasati dengan kompor listrik. "Atau pilih hidangan yang waktu masaknya singkat," ujar dia menambahkan.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved