Breaking News:

Ini Pangsit Paling Enak di Jepang

Untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir kembali Gyoza dari Utsunomiya menjadi juara pertama

Tribunnews.com/Richard Susilo
Gyoza atau pangsit Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo, dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir kembali Gyoza dari Utsunomiya menjadi juara pertama, terbanyak disantap masyarakat Jepang. Artinya makanan Gyoza (pangsit) dari Utsunomiya memang dinilai paling enak.

Survey Pendapatan Keluarga dan Belanja untuk Desember 2013 yang diumumkan Kementerian Dalam Negeri Jepang Jumat (31/1/2014) mengungkapkan hal tersebut.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan humas Utsunomiya pula untuk tetap menjaga posisi teratas selama 15 tahun sejak tahun 1996. Tahun sebelumnya selama dua kali atau dua tahun, kedudukan dipegang kota Hamamatsu. Persaingan kedua kota ini dalam tiga tahun terakhir memang sangat sengit satu sama lain.

Sekitar 30 orang dari toko pangsit khusus tersebut (Gyoza) sebagai pemilik toko dan staf mengkonfirmasi hasil survei dan merayakan kemenangan dengan membagi angpao, amplop berharga di Balai Kota Utsunomiya. Itu dilakukan khususnya oleh pengurus asosiasi Utsunomiya Gyoza.

Survei rumah tangga, hal ini dilakukan dalam sampling acak rumah tangga di kota-kota yang ditunjuk di berbagai prefektur, meneliti berbagai pangsit yang dijual di toko-toko ritel seperti supermarket dan toko lainnya.

Di Utsunomiya para anggota masyarakatnya bekerja semaksimal mungkin untuk mengejar popularitas tersebut dan memperluas acara tersebut dengan menunjukkan bukti bahwa konsumsi gyoza Utsunomiya di Jepang memang terbanyak, sehingga bisa menjadi idola banyak orang. Diperkirakan kota ini akan semakin banyak didatangi para wisatawan.

Bahkan tahun lalu idola terkenal asal Utsunomita Miyuki Tsukui (16) hadir meramaikan festival Gyoza di Utsunomiya agar semakin banyak wisatawan datang ke kota itu.

Di Jepang gyoza dibuat di berbagai kota tetapi yang paling banyak dikonsumsi memang di dua kota yaitu Hamamatsu dan di Utsunomiya. Rasa dan bentuk serta cita rasa memang lain satu sama lain.

Editor: Yudie Thirzano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved