Bunda Jangan Khawatir Kalau Anak Suka Berimajinasi, Itu Tandanya Pintar

Jangan khawatir kalau anak suka berimajinasi karena ternyata, anak yang suka berimajinasi itu menandakan ia anak yang pintar.

Bunda Jangan Khawatir Kalau Anak Suka Berimajinasi, Itu Tandanya Pintar
net

TRIBUNNEWS.COM - Saat bermain, balita Anda suka berimajinasi seakan-akan ia bukan dirinya. Ia kerap meniru satu tokoh atau sesuatu yang lain. Jangan khawatir akan hal itu, Bu, karena ternyata, anak yang suka berimajinasi itu menandakan ia anak yang pintar.

Berawal di Tiga Tahun Pertama

Bayi dilahirkan dengan sekitar 100 miliar sel pada otaknya. Masing-masing sel-sel otak itu saling mengirim dan menerima sinyal-sinyal listrik untuk menciptakan hubungan antara sel-sel otak.

Koneksi ini akan berubah menjadi jaringan (sering disebut sirkuit) yang memungkinkan ia berpikir dan belajar. Koneksi yang terus digunakan akan menjadi permanen, sedangkan yang tidak digunakan lagi (atau jarang digunakan) mungkin hilang.

Nanti di usianya yang ketiga, otak telah membentuk sekitar 1.000 triliun koneksi. "Jalur" yang saat ini sedang ditempa ini kelak digunakan hingga sisa hidupnya.

Itulah sebabnya para ahli sangat menekankan agar di tiga tahun pertama kehidupan bayi para orangtua wajib memperlakukan anak-anaknya dengan sangat baik.

Bantu ia mengekspos segala hal baik (pengalaman baru melalui suara, rasa, aroma, dan lain sebagainya), jadikan dunianya lebih menarik (dengan bermain, bernyanyi, membaca, dan lainnya), serta ajar ia menggunakan imajinasinya.

Karena kemampuan verbal balita belum begitu baik, mungkin sulit bagi Anda mengetahui apa yang dipikirkannya. Tapi Anda bisa melihat secercah imajinasi ketika dia meniru hal-hal yang ia lihat dari sekelilingnya. Perilaku ini biasanya sering muncul di usia 18 sampai 20 bulan.

Anak mungkin menyalin hal-hal yang Anda lakukan, meniru rutinitas sehari-hari dengan berpura-pura memberi makan boneka beruangnya atau bertindak sepertibinatang kesukaannya.

Kawal Kreativitasnya

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved