Breaking News:

Trik Memilih Bahan Agar Kue Lebaran Lezat dan Renyah

Untuk mendapatkan kue kering yang renyah, tentu butuh penggunaan dan pemilihan bahan yang tepat. Berikut beberapa tipsnya.

zoom-inlihat foto Trik Memilih Bahan Agar Kue Lebaran Lezat dan Renyah
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Seorang karyawan mengeluarkan kue nastar dari oven di tempat pembuatan kue kering di Kwitang Jakarta Pusat, Senin (6/8/2012). Jelang Idul Fitri, pesanan kue kering semakin banyak dari toko penjual kue dan perseorangan. TRIBUNNEWS/HERUDIN

 TRIBUNNEWS.COM - Ingin menyajikan kue kering yang lezat dan renyah?

Untuk mendapatkan kue kering yang renyah, tentu butuh penggunaan dan pemilihan bahan yang tepat. Berikut beberapa tipsnya.

Margarin
Penggunaan margarin membuat kue kering kurang kaya rasa dan terasa ngedal di mulut, bila waktu pengocokkan kurang lama.

Tambahkan Susu
Penambahan susu bubuk sedikit lebih banyak pada kue yang menggunakan banyak margarin, bertujuan agar menambah sedikit rasa kue kering.

Campuran Margarin dan Mentega
Penggunaan mentega membuat kue kaya rasa, namun teksturnya menjadi rapuh. Oleh karena itu, cara yang paling tepat adalah mencampurkan mentega dan margarin. Agar kue tidak rapuh, tapi kaya rasa.

Pakai Mentega Beku
Ketika menggunakan mentega, sebaiknya dalam keadaan beku. Karena jika tidak, mentega akan mencair saat dikocok.

Perhatikan Takaran Gula
Gula yang digunakan saat pembuatan kue kering biasanya adalah gula pasir atau gula tepung. Penggunaan gula tepung tidak bisa digantikan dengan gula pasir. Karena, gula tepung mengandung sedikit gula tepung untuk membuat gula tidak menggumpal. Jadi, pastikan Anda menggunakan gula sesuai dengan saran resep.

Pilihan Tepung
Umumnya, tepung yang digunakan untuk membuat kue kering adalah tepung terigu atau tepung sagu. Terkadang juga menambahkan tepung maizena, untuk menambah kerenyahan kue kering.

Untuk menghasilkan kue yang renyah, pilih tepung terigu dengan protein rendah. Untuk menghasilkan kue yang mawur, seperti nastar, gunakan tepung terigu protein sedang.

Tepung sagu digunakan dalam pembuatan kue kering sagu. Sagu masih mengandung air, sehingga sebaiknya tepung sagu disangrai terlebih dahulu di atas api kecil sekitar 10 menit sebelum digunakan.

Bahan Pengembang
Bahan pengembang yang digunakan pada kue kering biasanya adalah soda kue atau baking powder, yang berfungsi untuk mengembangkan kue kering. Sehingga kue menjadi renyah. Bahan ini sebenarnya tidak perlu digunakan, jika Anda sudah banyak menggunakan mentega dalam adonan.

Bahan Tambahan
Penggunaan bahan tambahan lain, seperti kacang, buah-buahan, keju, cokelat, atau bahan aromatik pada kue kering, bertujuan menciptakan beragam variasi rasa dan aroma kue kering.

Itulah beberapa cara penggunaan dan pemilihan bahan untuk kue kering. Dengan penggunaan dan pemilihan bahan yang tepat, pasti akan menghasilkan kue kering yang lezat dan renyah. (SCI/ SP – Sedap Saji)

Sumber: Sajian Sedap
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved