Mengapa Kue Kering Buatan Sendiri Lebih Keras?

Masalah yang seringkali didapati saat membuat kering salah satunya adalah kue kering yang keras.

Mengapa Kue Kering Buatan Sendiri Lebih Keras?
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Pekerja dari perusahaan kue kering Cahaya Baru melakukan produksi pembuatan kue kering di pabriknya, Jalan Bambang Utoyo, Lorong Cianjur, Palembang, Senin (20/6/2016). Menurut Juriah pemilik usaha kue kering tersebut usahanya mengalami peningkatan saat menyambut hari Raya Idul Fitri, yang mana hari biasa biasa membuat 100 Kg sekarang meningkat hingga 300 Kg. TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO 

TRIBUNNEWS.COM - Masalah yang seringkali didapati saat membuat kering salah satunya adalah kue kering yang keras.

Agar tekstur kue kering yang kita buat menjadi renyah, berikut beberapa tips agar kue kering tidak keras.

Komposisi Bahan Tidak Tepat
Perhatikan jumlah penggunaan yang tepat sesuai dengan di dalam resep. Jangan melebihkan atau mengurangi penggunaan bahan dari takaran yang dianjurkan. Jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu. Perbandingan tepung terigu dan lemak yang tepat adalah 2:1.

Kurang Telur
Telur berfungsi sebagai pelembut kue kering, sehingga jika Anda kurang menambahkan telur ke dalam adonan, maka kue kering akan menjadi keras. Dalam pembuatan kue kering telur tidak dipergunakan untuk mengembangkan kue, tetapi untuk mengempukkan kue.

Pengadukkan Terlalu Kuat dan Lama
Adonan yang diaduk terlalu kuat dan dalam waktu yang lama akan membuat kue kering menjadi keras dan bantat.

Adonan dibuat Kalis
Tidak seperti roti yang adonannya dibuat kalis, adonan kue kering tidak perlu selalu dibuat menjadi kalis. Beberapa kue kering yang memerlukan pembentukan dengan cara disemprit, disendokkan, atau dibekukan terlebih dahulu, adonannya tidak perlu dibuat menjadi kalis. Justru lebih baik cenderung lembek.

Penambahan Tepung Terigu
Saat pemanggangan pertama terlihat adonan melebar, membuat Anda menambahkan tepung terigu ke dalam adonan yang belum dipanggang. Namun, penambahan tepung terigu tidak harus selalu dilakukan. Cukup cetak adonan di atas loyang dan diamkan sekitar 30-60 menit. Setelah itu, adonan baru bisa dipanggang di dalam oven.

Pemanggangan Terlalu Lama
Pemanggangan yang terlalu lama mengakibatkan penguapan. Sehingga, makin lama dipanggang, kue akan semakin kering. Karena itu, pemanggangan jangan dilakukan terlalu lama, yang penting kue matang dan kering. Selain itu, terlalu lama memanggang juga akan membuat kue lebih cepat gosong. Waktu yang ideal untuk memanggang kue maksimal adalah 20 menit, dengan suhu antara 130-170 derajat Celcius.

Jangan lupa memerhatikan hal apa saja yang dapat dihindari agar kue kering tidak keras di atas. Agar kue kering yang disajikan pun menjad lezat, gurih, dan renyah. (SCI/ dari berbagai sumber)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved