Keju Mozzarella Mahal, Yuk Bikin Sendiri di Rumah! Ini Caranya

Untuk mengsiasati harga keju mozzarella yang mahal, kita buat keju mozzarella sendiri di rumah, yuk!

Keju Mozzarella Mahal, Yuk Bikin Sendiri di Rumah! Ini Caranya
SITE.PEOPLE.COM
Keju mozzarella

TRIBUNNEWS.COM - Karena harganya yang cukup mahal, jadi kenapa tidak kita buat saja keju mozzarella sendiri di rumah?

Gampang sekali membuatnya, lho.

Alat-alat yang digunakan untuk membuat keju mozzarella adalah panci stainless steel dengan kapasitas 5 liter, termometer makanan, spatula berlubang, saringan, mangkuk yang bisa digunakan dalam microwave dan sarung tangan karet.

Bahan yang dibutuhkan, yakni susu segar, asam sitrat, rennet dan garam. Rennet adalah sekelompok enzim yang dihasilkan oleh lambung mamalia untuk mencerna susu. Rennet mengandung enzim proteolytic (protease) yang akan memisahkan susu menjadi bagian padat dan cair. Rennet berbentuk tablet dan bisa didapatkan di toko bahan makanan/ secara online.

Susu segar full krim akan menghasilkan lebih banyak keju mozzarella. Dan, pastikan susu sudah dipasteurisasi dengan benar.

Selanjutnya, masukkan susu ke dalam panci dan rebus hingga mencapai suhu 3 derajat Celcius. Untuk mengetahui ketepatan suhu pada susu, gunakan termometer khusus makanan.

Campurkan asam sitrat dengan secangkir air, aduk rata. Masukkan ke dalam susu yang sedang direbus tadi. Sedikit demi sedikit dadih akan mulai terbentuk. Terus panaskan susu hingga mencapai suhu 38 derajat Celcius.

Larutkan rennet di dalam ¼ cangkir air, aduk rata. Masukkan ke dalam susu sambil terus diaduk dengan gerakkan naik turun selama 30 detik. Cara ini bertujuan untuk memastikan semua bahan tercampur dengan rata.

Saat susu sudah mencapai suhu 41 – 43 derajat Celcius, matikan api, tutup dan diamkan selama 10 menit. Cara ini dilakukan untuk memisahkan dadih dengan cairan susu.

Gunakan spatula berlubang untuk mengambil dadih. Masukkan ke dalam saringan, untuk meminimalisir kandungan cairan yang terbawa.

Letakkan dadih tadi ke dalam mangkuk, dan panaskan di dalam microwave selama sekitar 1 menit. Proses ini bertujuan untuk mencairkan dadih, dan membuatnya menyatu.

Satukan semua dadih yang ada di dalam mangkuk. Bisa menggunakan tangan atau sendok stainless steel. Bila menggunakan tangan, pastikan Anda menggunakan sarung tangan karet. Sambil menyatukan dadih, taburi dengan garam. Garam berfungsi untuk menjaga keju mozzarella bertahan lama.

Jika dirasa dadih kurang panas dan sulit untuk disatukan, jangan ragu untuk memasukkannya kembali ke dalam microwave selama 30 – 60 detik.

Saat dadih sudah pada konsistensi keju yang tepat, bentuk menjadi bola-bola menggunakan tangan. Lalu, rendam di dalam air es. Agar bentuk keju tidak berubah.

Keju mozzarella siap untuk diolah atau disimpan sampai beberapa hari ke depan. (SCI/ dari berbagai sumber)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved