Breaking News:

Sering Kesiangan? Ini Kunci Bangun Tepat Waktu

kebiasaan meletakkan ponsel di dekat tempat tidur berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas tidur Anda.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Jika membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda termasuk dalam orang-orang yang sering terlambat bangun.

Apakah Anda tidak bisa mendengar bunyi alarm atau selalu menekan tombol snooze?

Pada dasarnya, kesulitan bangun pagi disebabkan oleh kurangnya tidur dan para ilmuwan setuju bahwa kunci utama untuk tidur lebih cepat dan lebih banyak adalah menjauhkan ponsel dari tempat tidur.

Menurut sebuah studi dari Deloitte, kebiasaan meletakkan ponsel di dekat tempat tidur berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Para peneliti mensurvei 4.000 pengguna ponsel pintar dan menemukan bahwa sepertiga orang dewasa, termasuk setengah dari generasi milenium, mengecek ponsel mereka bila terbangun di malam hari.

Lebih parahnya lagi, kebiasaan ini juga menghantui banyak orang sebelum dan sesudah tidur.

Sekitar 10 persen dari responden mengatakan bahwa mereka mengecek ponsel begitu bangun dan sekitar 33 persen dari responden melakukannya dalam waktu lima menit.

Kemudian, seperempat dari responden juga mengaku selalu mengecek ponsel mereka lima menit sebelum tidur.

Padahal, ada banyak studi lainnya yang mengatakan bahwa sinar biru dari ponsel mengganggu kemampuan tidur Anda.

“Cahaya, termasuk yang dipancarkan oleh ponsel, dapat membingungkan otak kita dan membuatnya percaya bahwa waktu masih pagi, sehingga mengganggu proses tidur,” ujar penulis penelitian tersebut.

Oleh karena itu, untuk kualitas tidur yang lebih baik, jauhkan ponsel Anda dari jangkauan tangan sekitar setengah jam sebelum waktu tidur.

Sebagai bonus, Anda harus berdiri dan bangun di pagi hari untuk mematikan alarm, sehingga mengurangi kemungkinan menekan tombol snooze.  

Shierine Wangsa Wibawa/Kompas.com

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved