Perawatan pada Kulit Bayi dan Ibu Hamil Penting Loh Mom!

Untuk bayi yang memiliki kulit normal, tekstur kulitnya akan terasa lembut, lembab dan bersih.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Konferensi pers sekaligus kampanye bertema #ApaJenisKulitBayimu, yang digelar PT Interbat bersama Mustela Indonesia di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merawat kesehatan kulit bayi ternyata sama pentingnya dengan menjaga asupan nutrisi mereka agar bisa tumbuh kembang secara sempurna.

Seluruh ibu tentunya ingin memiliki anak yang sehat. Nah kesehatan tubuh mereka memang seharusnya dirawat dan dijaga sejak masih bayi, mom.

Mulai dari perawatan kulit hingga asupan nutrisi sang anak, harus menjadi perhatian serius.

Namun sebelum membahas mengenai perawatan kulit bayi, mom harus mengenal tiga jenis kulit yang biasa dimiliki para bayi.

Seperti apa sih ketiga kulit bayi itu dan bagaimana ciri-cirinya ?

Para bayi memiliki jenis kulit yang berbeda, yakni kulit normal, kulit kering dan kulit dermatitis atopik atau eksim.

Untuk bayi yang memiliki kulit normal, tekstur kulitnya akan terasa lembut, lembab dan bersih.

Kondisi kulit normal pada bayi ini secara mudah bisa dideteksi karena teksur kulitnya yang sangat halus saat bersentuhan dengan kita, mom.

Namun jika bayi memiliki kulit kering, maka ciri yang tampak padanya adalah cenderung kasar, bersisik dan terkadang mengalami pengelupasan kulit.

Jenis kulit ini bisa saja muncul karena disebabkan sejumlah faktor, mulai dari genetik, lingkungan yang tidak bersih, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulitnya.

Kemudian, ada pula jenis kulit dermatitis atopik atau yang biasa disebut eksim, para bayi yang memiliki kulit seperti ini cenderung menampakkan tekstur yang terasa kering saat disentuh, sering muncul bercak merah dan terasa gatal.

Bahkan diantaranya memiliki penyebab yang sama seperti kulit kering, yakni disebabkan faktor genetik dan biasanya terjadi kali pertama saat bayi tersebut memasuki usia 2 bulan hingga 1 tahun.

Dari ketiga jenis kulit bayi itulah, maka perawatan kulit sejak bayi baru lahir sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban, elastisitas, dan kesehatan kulit mereka.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved