HUT Kemerdekan RI

Ternyata 6 Lomba 17 Agustus Ini Ajarkan Nilai Baik untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Tak hanya menjadi pelipur lara, tanpa disadari aneka perlombaan khas 17-an juga dapat memberikan pembelajaran sikap dan perilaku yang positif bagi san

BizzInsight
Ternyata 6 Lomba 17 Agustus Ini Ajarkan Nilai Baik untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu!
Shutterstock
Tahukah Anda kalau lomba 17 Agustus ternyata memberi banyak manfaat buat si kecil, lho! 

Hari Kemerdekaan Indonesia adalah saat yang tepat bagi anak Anda untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Berbagai kegiatan untuk memeriahkan 17 Agustus, seperti upacara bendera hingga aneka lomba biasanya akan diselenggarakan di sekolah.

Tentu akan menyenangkan jika anak Anda dapat mengikuti sederet lomba khas 17-an, seperti halnya Anda semasa kecil dahulu. Tak hanya menjadi pelipur lara, tanpa disadari aneka perlombaan khas 17-an juga dapat memberikan pembelajaran sikap dan perilaku yang positif bagi sang anak, lho!

Berikut adalah enam lomba 17 Agustus yang dapat memberikan pelajaran berharga bagi kehidupan anak Anda.

1) Lomba Balap Karung

Ilustrasi lomba balap karung.
Ilustrasi lomba balap karung. (Shutterstock)

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari lomba balap karung. Anak akan belajar soal berjuang sampai tujuan meski dalam keadaan kaki yang tak bebas bergerak. Selain melatih ketangkasan motorik, anak Anda pun belajar kejujuran, di mana ia harus tetap melompat hingga garis finish dan tidak berlaku curang dengan berjalan atau berlari.

2) Lomba Tarik Tambang

Lomba tarik tambang, lomba 17 Agustus yang bisa asah gotong royong.
Lomba tarik tambang, lomba 17 Agustus yang bisa asah gotong royong. (Shutterstock)

Perlombaan yang diikuti secara berkelompok ini mengajarkan anak Anda nilai gotong royong. Kerja sama antar anggota adalah kunci kemenangan. Dengan mengikuti langsung lomba tarik tambang, si kecil dapat diberi pemahaman soal pentingnya solidaritas antarteman.

3) Lomba menghias sepeda

Lomba hias sepeda untuk kembangkan kreativitas anak.
Lomba hias sepeda untuk kembangkan kreativitas anak. (Shutterstock)

Lomba menghias sepeda, sama halnya dengan perlombaan menghias kelas, dapat mengeksplorasi kreativitas sang anak. Ia akan diberi ruang bebas untuk berkreasi dan berimajinasi. Setiap anak juga akan belajar kerja sama tim dan pembagian tugas.

4) Lomba balap kelereng

Lomba balap kelereng melatih kesabaran anak.
Lomba balap kelereng melatih kesabaran anak. (Shutterstock)

Salah satu lomba yang membutuhkan keseimbangan adalah balap kelereng. Anak Anda akan merasakan pengalaman nyata  bagaimana sulitnya mempertahankan kelereng agar tidak jatuh, sehingga ia akan belajar tentang pentingnya kesabaran.

5) Lomba balap bakiak

Ajarkan anak kerja sama mencapai tujuan lewat lomba bakiak saat perayaan 17 Agustus.
Ajarkan anak kerja sama mencapai tujuan lewat lomba bakiak saat perayaan 17 Agustus. (Shutterstock)

Serupa dengan lomba tarik tambang, lomba bakiak juga mengajarkan anak tentang pentingnya kekompakan dan gotong royong. Lebih jauh lagi, ia dapat belajar untuk berkomunikasi dalam kelompok, memberi atau mengikuti arahan, dan saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan bersama.

6) Lomba makan kerupuk

Balap makan kerupuk, lomba 17 Agustus favorit anak-anak.
Balap makan kerupuk, lomba 17 Agustus favorit anak-anak. (Shutterstock)

Salah satu lomba yang memerlukan konsentrasi penuh adalah balap makan kerupuk. Berhasil melahap kerupuk dengan tepat sungguhlah sulit, untuk itu anak Anda akan berlatih fokus, keseimbangan dan kesabaran.

Itulah aneka perlombaan khas 17-an yang dapat memberikan pelajaran positif bagi anak Anda. Jangan lupa untuk beri tahu ia bahwa menang-kalah dalam lomba tidaklah penting ketika ia telah berusaha, sehingga ia akan mengerti soal sportivitas.

Berikan asupan tepat untuk tingkatkan semangat berlomba anak Anda

Nugget Fiesta Kids Series, bikin anak semangat ikut lomba 17 Agustus!
Nugget Fiesta Kids Series, bikin anak semangat ikut lomba 17 Agustus! (dok. Fiesta Kids)

Setelah tahu manfaat dari berbagai perlombaan khas 17 Agustus di atas, tentu Anda akan semangat untuk mendukung ia mengikuti serangkaian kegiatan hari kemerdekaan di sekolah

Oleh karena itu, agar si kecil dapat menjalani berbagai lomba seru di atas, persiapkanlah asupan lezat dan bergizi untuknya, yang dapat membuat ia makin semangat untuk beraktivitas.

Tak perlu repot menghidangkan makanan lezat dan bergizi untuk buah hati Anda. Salah satu makanan lezat dan bergizi yang praktis penyajiannya adalah Nugget Fiesta Kids Series

Fiesta Kids Series punya banyak varian unik dan rasa nikmat yang disukai semua anak. Ada Fiesta Happy Star yang berbentuk Smiley, Star, dan Heart. Lalu, Fiesta Cheese123 berbentuk angka dari satu sampai sembilan dengan rasa keju yang gurih, Fiesta Pizza ABC yang berbentuk huruf alfabet dengan rasa pizza yang lezat, Fiesta Zoo yang berbentuk hewan-hewan dengan rasa jagung, dan Fiesta Dino yang berbentuk dinosaurus.

Siap jadi bagian dari semangatnya saat lomba 17 Agustus? Hidangkan nugget Fiesta Kids Series sebagai sarapan maupun bekal makan siang sang anak sebelum ia mengikuti berbagai aktivitas hari kemerdekaan di sekolah. Anda bisa mendapatkan produknya di sini.

Penulis: Bardjan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved