Minum Kopi di Malam Hari Ganggu Kualitas Tidur, Sebuah Studi Patahkan Anggapan Itu

Minum kopi sengaja dihindari oleh sebagian orang kala malam hari. Alasan mereka takut tidak bisa tidur.

Minum Kopi di Malam Hari Ganggu Kualitas Tidur, Sebuah Studi Patahkan Anggapan Itu
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Minum kopi sengaja dihindari oleh sebagian orang kala malam hari. Alasan mereka takut tidak bisa tidur.

Namun, ada studi yang mematahkan anggapan tersebut.

Minum kopi atau mengonsumsi minuman lain yang mengandung kafein di malam hari, sama sekali tak berdampak pada kualitas tidur.

Studi itu dimuat di sleepfoundation.org mematahkan hal tersebut.

Dalam ruang lingkup penelitian, yang dilakukan oleh sekelompok sarjana dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School di Amerika Serikat, para peneliti memantau sekitar 785 orang selama 5.164 hari dan malam dan mencatat asupan kafein, alkohol, dan nikotin.

Baca: 7 Manfaat Kopi untuk Kecantikan, dari Bekas Jerawat hingga Buat Rambut Berkilau

Faktor-faktor seperti durasi tidur peserta, efisiensi tidur dan seberapa cepat orang bangun setelah tertidur juga dicatat melalui sensor pergelangan tangan yang kemudian dianalisis oleh tim peneliti.

Baca: Yuni Shara Kelihatan Awet Muda di Usia Nyaris Setengah Abad, Apakah Efek Kebiasaan Minum Kopi?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nikotin dan alkohol memiliki dampak negatif pada tidur karena satu batang rokok sebelum tidur mengambil 42 menit dari total durasi tidur untuk penderita insomnia.

Sementara, kafein tidak menunjukkan efek samping mengenai kualitas atau waktu tidur.

Dalam  The Journal of Sleep, Dr. Christine Spadola mengatakan penelitian ini "mewakili salah satu pemeriksaan longitudinal terbesar dari asosiasi penggunaan alkohol, kafein, dan nikotin malam hari dengan hasil tidur yang diukur secara obyektif."

Penelitian mencatat bahwa mereka tidak menemukan hubungan antara konsumsi kafein dalam waktu empat jam tidur dengan parameter tidur apapun.

Editor: Willem Jonata
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved