Yakin Toilet Jongkok Lebih Sehat Dibanding Toilet Duduk? Cek Dulu Fakta Ini

Mana yang lebih baik, toilet jongkok atau toilet duduk? Cek dulu fakta berikut ini, lalu simpulkan mana yang terbaik buat Anda.

Yakin Toilet Jongkok Lebih Sehat Dibanding Toilet Duduk? Cek Dulu Fakta Ini
Instagram @inijedar
Jessica Iskandar mencoba toilet duduk. 

Siapa pun, termasuk Anda, pasti setuju kalau buang air besar (BAB) adalah hal yang penting dilakukan guna melengkapi proses pencernaan makanan dalam tubuh. Untuk itu, toilet adalah benda “keramat” di kamar mandi Anda.

Di Indonesia, umumnya dikenal dua pilihan model toilet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yakni toilet jongkok dan toilet duduk. Lantas, timbul pertanyaan: yang mana yang lebih baik, toilet jongkok atau toilet duduk?

Perdebatan ini muncul sejak 1960-an, seiring dengan terbitnya jurnal Digestive Disease and Science karya Dov Sirikov. Ia memaparkan, buang air besar dengan jongkok maupun duduk sangat berpengaruh terhadap kelancaran buang air.

Dalam penelitian tersebut, Sikirov menginstruksikan 28 responden untuk buang air besar dalam tiga posisi berbeda, yakni: duduk di toilet setinggi 16 inchi, 12 inchi, dan berjongkok di atas wadah plastik. Hasilnya, peserta hanya butuh 51 detik untuk mengeluarkan feses mereka. Sementara, saat duduk dibutuhkan waktu kurang lebih 130 detik.

Selain itu, ditemukan kesimpulan bahwa orang-orang yang berjongkok mengaku merasakan pengalaman buang air besar yang lebih cepat.

Toilet duduk tetap jadi unggulan

Namun, hal ini tak serta merta membuat toilet duduk kehilangan peminat secara global. Justru, dalam berbagai kasus, Anda mungkin lebih mendambakan toilet duduk dibanding toilet jongkok.

Sebab, dari segi kenyamanan dan kepraktisan, toilet duduk lebih unggul. Hal ini karena toilet duduk tidak membuat Anda terlalu pegal. Selain itu, toilet duduk biasanya dilengkapi dengan teknologi auto-flush.

Toilet duduk bersahabat untuk berbagai kondisi kesehatan

TOTO Indonesia A1-4
Produk unggulan TOTO Indonesia

Menurut dr. Toto Imam Soeparmono, SpOG (K.Onk), kepala departemen Obstetri dan Ginekologi RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, seperti dikutip Kompas.com, toilet duduk sangat ramah bagi mereka yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebab, posisi jongkok memberikan banyak tarikan pada lutut yang sangat menyiksa penderita arthritis.

Selain itu, bagi ibu hamil dan penderita obesitas yang notabene menyimpan kelebihan beban tubuh di perut juga akan jauh lebih nyaman saat menggunakan toilet duduk. Sebab, lutut dan pinggang tidak menanggung beban terlalu berat.

Selain itu, untuk para lansia, toilet duduk  jadi pilihan yang lebih ramah mengingat penuaan dan penurunan fungsi tulang dan sendi mereka.

TOTO, toilet pilihan tepat bagi Anda yang ingin beralih ke toilet duduk

TOTO Indonesia A1-2
Showroom TOTO Indonesia.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan pengalaman BAB yang lebih modern, Anda bisa memilih toilet duduk yang berkualitas jempolan. Salah satu merek toilet duduk yang kualitasnya diakui secara global adalah TOTO.

Berstandar kualitas Jepang, TOTO memiliki model produk closed coupled toilet yang dapat diterima secara umum oleh masyarakat dan harganya terjangkau. Dua tipe toilet duduk ini misalnya adalah TOTO CW421J dan CW633J, dengan desain minimalis dan modern.

TOTO CW421J dan CW633J didesain untuk kenyamanan Anda. Dilengkapi oleh soft closing mechanism, yang dapat mencegah penutup toilet jatuh secara keras dan tiba-tiba.

TOTO Indonesia A1-3
Andry dan Raffi Ahmad di kantor pusat TOTO Indonesia, Jakarta.

Marketing Department Assistant Manager TOTO,  Andry H., memaparkan berbagai keunggulan TOTO yang membuat merk ini dapat diterima seluruh kalangan masyarakat.

“Bicara soal comfort, (TOTO) ini dari seat covernya aman, soft closed, tidak akan jatuh tiba-tiba sampai merusak toilet. Posisi bowl shape (dudukan) pun sudah kita ikuti dengan kontur bentuk bokong orang Indonesia. Gampang pula dibersihkan. Sekali flush, semua kotoran akan langsung terbuang. Ketika flushing pun air tak akan keluar-luar ke lantai. Jadi tidak akan membasahi lantai kamar mandi kita,” ujar Andry.

Kedua toilet ini juga juga dilengkapi dengan water saving technology bertajuk eco flush yang dapat meminimalisir penggunaan air. Double flush ala TOTO akan membatasi penggunaan air sebanyak 4.5 L (untuk flush besar) dan 3 L (untuk flush kecil).

“Tanpa disadari, masyarakat akan lebih menghemat penggunaan air. Dengan eco flush kita sudah batasi penggunaan maksimal air mereka,” tutur Andry.

Jadi, bagi yang ingin beralih ke toilet duduk, kedua produk TOTO di atas bisa jadi pilihan pas bagi pemula yang ingin nikmati pengalaman buang air besar yang jauh lebih nyaman. Dan yang terpenting, harganya sangat terjangkau, mulai dari sekitar Rp 1,5 juta-an saja.

“Harganya tidak terlalu mahal, terjangkau, sebab kami berharap masyarakat bisa mendapatkan kualitas kloset duduk yang secara teknologi improved dan berkualitas,” terang Andry.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan serunya edukasi menggunakan toilet duduk, simak web series TOTO berjudul “Dunia Terbalik-balik”, yang akan mulai tayang 13 September 2019 di channel YouTube resmi TOTO Indonesia.

Dibintangi sejumlah artis ternama, web series ini akan menampilkan kisah haru nan menggelitik tentang pasangan suami istri yang baru saja mendapat hadiah toilet canggih, yakni toilet duduk yang belum pernah mereka gunakan sebelumnya.

Supaya tak ketinggalan keceriaannya, yuk subscribe channel YouTube TOTO Indonesia dan follow instagram TOTO Indonesia.(*)

Penulis: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved