Wajib Pakai Sunblock, Meski Musim Hujan, Ini Manfaatnya

Tapi bukan berarti cuaca yang adem jadi bikin kamu melewati tahapan menggunakan sunblock atau tabir surya sebelum keluar ruangan ya!

Wajib Pakai Sunblock, Meski Musim Hujan, Ini Manfaatnya
verywellhealth.com
Efek samping penggunaan tabir surya untuk kesehatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Permasalahan pada kulit wajah akan sedikit berkurang ketika musim penghujan tiba.

Matahari yang tidak terlalu ganas lagi akan membuat kulit sedikit lebih tenang, dan sedikit mengurangi masalah kulit kering.

Tapi bukan berarti cuaca yang adem jadi bikin kamu melewati tahapan menggunakan sunblock atau tabir surya sebelum keluar ruangan ya!

Dokter Yeni Mulyani selaku in house dokter di Klinik Dermaster Indonesia menyebutkan sunblock tetap wajib digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang tidak hanya dari paparan langsung matahari tapi juga dari sinar lampu.

"Sunblock tetap pakai, kalau enggak ya sinar UV-nya masih tetap masuk ke kulit," ungkap dr. Yeni Mulyani saat ditemui di Klinik Dermaster, Selasa (26/11/2019).

Baca: Waspada Penyakit yang Mengintai di Musim Hujan

Baca: Trik Pakai Sunblock Biar Hasilnya Lebih Maksimal, Jangan Irit Mengoleskan Pada Kulit

Ilustrasi pemakaian sunblock
Ilustrasi pemakaian sunblock (Shutterstock)

Kemudian tetap rawat kebersihan kulit dengan mencuci muka minimal dua kali sehari dan gunakan pelembap agar kulit tidak kering.

"Tambah juga dengan konsumsi sayur, dan buah serta minum banyak air putih agar kulot wajah tetap sehat," tutur dr. Yeni Mulyani.

Gaya hidup sehat itu juga bisa membantu untuk mengendalikan minyak berlebih di wajah, yang bikin muka mengkilat berlebihan bukan karena kulit sehat tapi karena tumpukan minyak.

"Karena kan habis panas biasanya hujan ya sekarang, cuaca gak beraturan gitu kan kulit jadi kering, lembab, malah bisa jadi kombinasi berlemak," papar dr. Yeni Mulyani.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved