Penyakit Demam Berdarah Meningkat, Jangan Lupa Bersihkan Bagian Luar Rumah

Data per 12 Februari 2020, ada 6.698 orang m di Indonesia yang terjangkit demam berdarah dan 49 orang meninggal dunia.

Penyakit Demam Berdarah Meningkat, Jangan Lupa Bersihkan Bagian Luar Rumah
Shutterstock
Nyamuk Aedes Aegypti, penyebab demam berdarah dengue. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Data per 12 Februari 2020, ada 6.698 orang m di Indonesia yang terjangkit demam berdarah dan 49 orang meninggal dunia.

Dari segi pencegahan Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi  menyebutkan sudah ada perubahan perilaku masyarakat dalam antisipasi demam berdarah.

Dari pemeriksaan Kementerian Kesehatan sudah ditemukan sedikit jentik nyamuk pada bak penampungan air di dalam rumah yang biasa jadi tempat nyamuk aedes aegypti bersarang dan berkembang biak.

“Kalau lihat sebenarnya masyarakat cukup baik di penampungan air. Di penampungan air sudah sedikit jentik nyamuknya,” ucap Nadia di Kementerian Kesehatan, Jumat (14/2/20202).

Sementara itu tempat penampungan air di luar rumah, seperti botol-botol bekas maupun sumur yang terbuka masih terdapat jentik-jentik nyamuk.

Baca: Tips Memadukan Es Krim dengan Pancake ala Chef Yuda Bustara

 “Tapi kita lihat halaman belakang masih banyak botol berserakan, bekas tempat minuman air dan ada sumur yang terbuka,” tutur Nadia.

Maka perlu diingat kalau penyebaran nyamuk demam berdarah tidak hanya di dalam rumah saja tetapi di luar rumah juga sehingga penting mempehatikan kebersihan seluruh bagian rumah.

“Kalau dulu nyamuk DBD rata-rata adalah di dalam rumah sekarang nyamuk demam berdarah juga sudah sampai di luar rumah suatu kewaspdaan memperhatikan lingkungan sekitar,” ucap Nadia.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved