Breaking News:

Virus Corona

Digitalisasi Zakat Fitrah hingga Konser Amal, Cara Dompet Dhuafa Meriahkan Ramadan di Tengah Corona

Ramadan 1441 H tahun ini menjadi Ramadan yang sangat berbeda karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19) Seluruh belahan dunia.

Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramadan 1441 H tahun ini menjadi Ramadan yang sangat berbeda karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19) Seluruh belahan dunia sedang menghadapi krisis kesehatan.

Inilah tantangan besar bagi lembaga zakat khususnya Dompet Dhuafa dalam menjalani bulan Ramadan. 

Hiruk pikuk donatur di konter maupun kantor zakat berkurang apalagi sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota besar memicu penurunan aktivitas masyarakat di luar rumah. 

Lesunya perputaran ekonomi di masyarakat juga memicu dampak lemahnya perputaran zakat, hal ini bisa dilihat dari sejumlah perusahaan baik yang memotong gaji hingga memberhentikan karyawannya demi menyelamatkan aset dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi virus Corona (Covid-19) dalam jangka panjang. (Kamis, 30/4/2020).

Baca: Donasi Obat-Obatan dan Alat Medis ke BNPB Senilai Rp 5,5 Miliar

Baca: Fitri Tropica Berduka, Ayah Mertuanya Meninggal

Baca: Valentino Rossi Sudah Habis? Lorenzo: Dia Masih Berpeluang Raih Juara Dunia ke-10

“Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan yang mengelola juga Ziswaf (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) memiliki kewajiban untuk menggerakkan roda ekonomi zakat maupun kemanusiaan meskipun di tengah badai virus Corona (Covid-19) serta menjadikan Ramadan tahun ini sebagai tantangan bukan halangan yang harus dihadapi bersama-sama," kata Imam Rulyawan, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa dalam keterangannya.

Untuk program Ramadhan 1441 H tahun ini, Dompet Dhuafa terus menggencarkan, menghimbau dan mengajak masyarakat dengan berbagai macam fitur digital.

Sehingga semakin banyak masyarakat yang terpapar informasi mudahnya berzakat dan berdonasi melalui pembayaran digital. Kini Dompet Dhuafa akan melakukan kampanye ini lebih besar lagi melalui layanan digital fundraising. 

"Dompet Dhuafa juga terus mengoptimalkan jaringan di 34 propinsi dan 200 zona layanan di nusantara serta jaringan global Dompet Dhuafa di 30 negara. Selain itu beberapa program offline seperti pengajian perkantoran, kultum menjelang berbuka, pengajian sekolah, kita alihkan ke digital. Menjadi pengajian online, tadarus bersama by IG Live atau Youtube. Atau kultum dengan tausiyah online kerjasama dengan berbagai media," ujar dia.

Selain itu Dompet Dhuafa bersama Dwiki Dharwaman serta rekan-rekan musisi lainnya mengajak berdonasi maupun beramal melalui konser amal #CukupDariRumah.

Ini memberikan nuansa yang berbeda bagi masyarakat di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Masyarakat bisa menyaksikan serta beramal melalui konser yang rencananya dihadirkan setiap Sabtu malam, selain untuk menghibur masyarakat di rumah, juga untuk mengajak donasi dalam upaya Cegah Tangkal Corona (Covid-19) selama bulan Ramadhan 1441 H.

“Sebelumnya Dompet Dhuafa berencana membuka gerai dan konter zakat Dompet Dhuafa di mall dan perkantoran, tetapi dengan adanya Covid-19 ini, layanan gerai dan konter DD kami tiadakan. Zakat, infak dan sedekah akan dimaksimalkan melalui transaksi digital. Ini merupakan layanan kemudahan kepada donatur dalam membayar ZIS," ucap Dhoni Marlan sebagai Plt Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

Baca: Perangi Pandemi, Human Initiative dan PRAISE Bagikan Bantuan ke 10 Titik di Jakarta

Sedangkan untuk program unggulan seperti tebar zakat fitrah, parcel Ramadan, parcel untuk yatim masih sesuai dengan agenda, dan jika memang memaksa, akan kita alihkan ke program digital juga dan distribusinya memaksimalkan jaringan Dompet Dhuafa Nasional.

Baca: Kartu Pra Kerja Dihujani Kritik, Partai Pemerintah Tak Pasang Badan, Indikasi Retaknya Koalisi?

“Hingga hari ini, kami masih on the track dengan target 212,3 M. Dan seiring dengan arahan pemerintah untuk sosialisasi pembayaran zakat maal sebelum Ramadan, inipun kami lakukan sebagai bagian dari edukasi ke masyarakat, karena begitu banyaknya yang membutuhkan bantuan karena dampak dari Corona ini," kata Dhoni.

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved