Breaking News:

Virus Corona

Terpaksa ke Salon di Masa Pandemi, Apa Saja yang Harus Diperhatikan Demi Keselamatan?

Sebagian orang mungkin merasa perlu ke salon sejak mengikuti imbauan pemeritah berada di rumah saja sebagai upaya hindari penularan covid-19.

Tribunnews/Herudin
Suasana salon yang mulai beroperasi kembali di Mal Kota Kasablanka yang menerapkan protokol kesehatan, di Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2020). Mal Kota Kasablanka mulai menerapkan protokol kesehatan guna menuju ke era kenormalan baru (new normal) dan memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19). Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagian orang mungkin merasa perlu ke salon sejak mengikuti imbauan pemeritah berada di rumah saja sebagai upaya menghindari penularan virus corona (Covid-19).

Ada yang butuh potong rambut sampai melakukan perawatan. Sebab, perawatan mandiri di rumah dirasa kurang optimal.

Lantas, amankah pergi ke salon menyusul pembukaan sejumlah pusat bisnis termasuk salon di era tatanan hidup baru (new normal) pandemi corona?

Risiko ke Salon

Sebelum ada wabah virus corona yang gampang menular antarmanusia, salon umumnya merupakan tempat cukup ramai dengan beragam aktivitas.

Baca: Salon Kembali Buka, 2 Tukang Cukur Positif Corona, 140 Pelanggan Terpapar Covid-19

Setelah pandemi corona, sejumlah salon melakukan penyesuaian dalam hal pelayanan sesuai protokol kesehatan yang disarankan.

Kendati demikian, salon dan tempat potong rambut masih berisiko menjadi tempat penularan virus corona.

Melansir MLive, dari skala satu sampai sembilan, tingkat risiko salon berada di level enam.

Pasalnya, aktivitas di dalam salon memerlukan kontak fisik dan tidak memungkinkan untuk jaga jarak aman (social distancing).

Pendapat senada disampaikan profesor epidemiologi dari New York University's School of Global Public Health, Robyn Gershon, MHS, DrPH.

Baca: Kelebihan Malah Turunkan Fungsi Kekebalan Tubuh, Berapa Lama Durasi Ideal Berolahraga?

Melansir Good Housekeeping, Gershon menyebut selain soal interaksi dalam jarak dekat, risiko penularan Covid-19 di salon juga bisa dari waktu kontak yang cukup lama saat proses perawatan.

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved