Breaking News:

Virus Corona

Meredakan Kecemasan Anak Hadapi Masa New Normal, Simak Tips dari Psikolog

Rasa cemas beraktivitas di tengah masa pandemi virus corona (covid-19), bukan hanya menjadi permasalahan orang dewasa tapi juga anak-anak.

Shutterstock
Ilustrasi anak memakai masker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rasa cemas beraktivitas di tengah masa pandemi virus corona (covid-19) bukan hanya menjadi permasalahan orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Anak-anak tentunya paham tentang adanya covid-19 karena sudah sekitar tiga bulan hanya bisa bermain dan belajar dari rumah saja.

Psikolog Klinis Reynitta Poerwito M. Psi menjelaskan kecemasan pada anak ini bisa diredakan dengan cara mengenalkan cara antisipasi covid-19 dengan meningkatkan kebersihan.

Baca: Bagaimana Melindungi Anak dari Virus Corona Saat Harus ke Luar Rumah? Orangtua Harus Tahu

Selama di rumah saja orang tua disarankan mulai mengajarkan anak pentingnya memakai masker, cuci tangan, maupun menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain.

"Misalnya biasakan persiapan sebelum keluar rumah, pakai masker, sarung tangan, hand sanitizer kita juga edukasi anak-anak menjaga dirinya dsri hal yang bisa memperbesar terpapar virus," ucap Reynitta saat live instagram RS Eka Hospital, Jumat (19/6/2020).

Reynitta menjelaskan proses edukasi orang tua pada anak dengan perilaku-perilaku baru untuk menjalankan era new normal ini harus terus menerus dilakukan.

Baca: Kembali Bekerja di Kantor Setelah Lama di Rumah Saja, Apa yang Harus Disiapkan?

Baca: Cari Ketenangan Batin dengan Meditasi, Bagaimana Memulainya?

Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved