Breaking News:

Virus Corona

Aman Belanja di Pasar di Masa Pandemi COVID-19, Ini Tips dari dr. Sarah Shyma

Masyarakat diberi keleluasaan sejak PSBB transisi diberlakukan. Namun, disarankan wajib mengikuti protokol kesehatan.

China Press
Ilustrasi pasar tradisional 

TRIBUNNEWS.COM - Masyarakat diberi keleluasaan sejak PSBB transisi diberlakukan. Namun, disarankan wajib mengikuti protokol kesehatan.

Ke pasar misalnya. Pemerintah telah memberikan aturan protokol kesehatan bagi penjual dan pembeli, sehingga aktivitas jual beli di pasar, aman dari penularan COVID-19.

Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr. Sarah Shyma berbagi tips menyiapkan "alat tempur" bagi para pembeli yang ingin berbelanja ke pasar sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sarah mengingatkan kepada para pembeli sebelum berangkat ke pasar harus memastikan dalam kondisi yang sehat dan wajib menggunakan masker.

Baca: DATA TERBARU Kasus Corona Dunia 27 Juni: Korban Positif Hampir 10 Juta, Indonesia Lampaui Belanda

Baca: Sebaran Virus Corona Indonesia Sabtu (27/6/2020): Lampaui Jabar, Kasus Covid-19 di Jateng Jadi 3.294

Pembeli juga disarankan membuat catatan rencana perbelanjaan guna mempersingkat waktu belanja dan mengurangi risiko penularan COVID-19.

Sebab, menurut dia, dengan tidak berlama-lama di luar rumah dan kontak fisik dengan orang lain, dapat meminimalisir risiko penularan.

Baca: Update Corona: Kasus Baru Jadi Rekor Tertinggi, Jatim Terbanyak Kasus Positif, Lampaui Jakarta

"Yang paling penting sebelum kita ke pasar adalah kita harus dalam kondisi yang sehat, wajib menggunakan masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu serta mengurangi risiko infeksi karena kita tidak berlama-lama di pasar, jadi harus punya rencana sebelum ke pasar," jelas Sarah dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (27/6/2020).

dr. Sarah Shyma 2134
Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr. Sarah Shyma berbagi tips dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (27/6/2020).

Sebagai upaya mengurangi kontak fisik sekaligus penggunaan plastik, Sarah mengharuskan para pembeli untuk membawa tas belanja sendiri.

"Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik," tambahnya.

Baca: Boy William Awalnya Yakin Virus Corona Tak Masuk ke Indonesia, Makanya Kaget

Tidak lupa juga Sarah mengingatkan bagi para pembeli untuk membawa hand sanitizer sebagai opsi jika tempat cuci tangan sulit dijangkau ketika sedang berbelanja.

Halaman
12
Penulis: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved