Breaking News:

Ngunyah Kencur, Rahasia Kualitas Vokal Andien Tetap Stabil Saat Menyanyi

Saat akan manggung Andien mengaku selalu membawa kencur untuk dikunyah-kunyah sambil nunggu naik panggung.

Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Andien Aisyah saat ditemui di peluncuran buku Belahan Jantungku di Jakarta Selatan, Senin (5/11/2019). 

Laporan Reporter Tribunnews, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setiap penyanyi punya semacam kebiasaan tertentu sebelum manggung agar kualitas vokal tetap stabil saat harus bernyanyi belasan lagu.

Penyanyi Andien Aisyah misalnya. Saat akan manggung Andien selalu membawa kencur untuk dikunyah-kunyah sambil nunggu naik panggung.

"Setiap sebelum nyanyi adalah kencur jadi ada kotak bekel aku taruh saja, untuk di kunyah-kunyah," ucap Andien saat live di diskusi 'Stay Healthy Be Happy', Kamis (2/7/2020).

Andien menyebutkan awalnya saat baru-baru mengonsumsi kencur tentu terasa aneh di tenggorokan karena rasa kencur yang cukup kuat.

Kemudian karena terbiasa bertahun-tahun mengunyah kencur dan merasakan manfaat kencur untuk kerongkongannya Andien jadi familiar dengan rasanya.

Baca: Soal Makanan Manis, Andien Aisyah Pilih Bubur Manis Khas Indonesia

"Memang kalau buat orang yang baru pertama kali sih rasanya agak luar biasa ya, cuman kalau udah bertahun-tahun menjalankan itu aku rasa ya udah jadi sesuatu yang biasa ," ucap Andien.

Baca: Air Rebusan Kencur Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Berbahaya Ini

Sebelumnya Andien juga menceritakan untuk menjaga kualitas suaranya, Andien menyebutkan ia hampir tidak pernah minum air es dan tidak merokok guna mengantipasi masalah di bagian tenggorokan.

Baca: Selain Obat Batuk, Kencur Mentah Ternyata Punya 5 Khasiat Lain: Jaga Stamina hingga Hilangkan Stres

"Minum air es jarang banget karena gak punya kebiasan itu juga sih, suhu normal itu paling baik buat tenggorokan dan aku ku gak ngerokok," ungkap Andien saat live instagram bersama @FitWithTheRealFood beberapa waktu lalu.

Andien juga sebisa mungkin menghindari makanan yang proses masaknya digoreng, terutama saat ada jadwal manggung sehingga saat diatas panggung kualitas suaranya tetap terjaga.

"Aku sangat mengurangi makan gorengan terutama di hari akan bernyanyi karena minyak lumayan berpengaruh banget buat tenggorokan," kata Andien.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved