Breaking News:

Awalnya untuk Pemakan Jentik Nyamuk Malaria, Kini Ikan Guppy Jadi Peliharaan Pecinta Ikan Hias

Berbeda dengan ikan cupang, ikan guppy merupakan ikan hias asli dari amerika tengah dan amerika selatan,masuk ke Indonesia awal 1920

istimewa
Ikan Guppy 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Ikan betta yang dikenal oleh masyarakat sebagai nama ikan cupang adalah salah satu ikan hias asli Indonesia yang sudah sangat familiar sebagai ikan hias favorit masyarakat Indonesia.

Pada awalnya masyarakat mengenal jenis ikan cupang dengan jenis ikan cupang liar dan ikan cupang aduan yang di periode tahun 90an hingga hari ini masih diminati untuk mengukur ketahanan ikan cupang dibandingkan ikan cupang lain.

Namun seiring waktu dan kebutuhan akan ikan hias yang sangat tinggi, ikan cupang kemudian bermutasi dengan menjadi ikan cupang hias yang saat ini ketika masa pandemi covid 19 banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk menghilangkan kejenuhan ketika lebih banyak waktu dihabiskan banyak didalam rumah.

”Memelihara ikan cupang hias saat ini seperti mengingatkan saya saat kecil, ketika itu saya memiliki ikan cupang jenis aduan untuk di adu dengan teman-teman” cetus Erwin Burhanuddin, sebagai penghobi dan penjual ikan cupang di daerah Pamulang, Tangerang Selatan.

Berbeda dengan ikan cupang, ikan guppy merupakan ikan hias asli dari amerika tengah dan amerika selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada awal 1920,

Baca: Amankan Tiga Teroris di Kios Ikan Hias di Banten, Densus 88 Sita Buku Berjudul Imam Samudra

Awalnya ikan ini untuk memakan jentik/larva nyamuk malaria, ikan guppy kini menjadi ikan hias yang banyak dipelihara pehobi.  

Seiring berkembangnya jumlah peminat ikan guppy, jenis ikan guppy berkembang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan jumlah jenis  yang dimiliki oleh ikan guppy saat ini yang paling banyak dibandingkan ikan hias yang lain.

“Jenis ikan guppy yang saat ini tercatat di seluruh dunia ada ratusan jenis dan akan terus bertambah dengan proses penyilangan dari breeder seluruh dunia yang tidak pernah berhenti," kata  Sahlan Rosyadiselaku President Indonesia Guppy Popularize Association (IGPA) dalam keteragannya, Sabtu (1/8/2020).

GPA menaungi ribuan penghobi ikan guppy di seluruh Indonesia.

Bahkan, kata dia, di Indonesia ada satu farm ikan guppy yang memiliki koleksi jenis ikan guppy lebih dari 150 jenis ikan guppy.

Ikan Guppy
Ikan Guppy (istimewa)
Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved