Breaking News:

Jangan Lewatkan Masa Keemasan Anak, Pewarna hingga Kertas Origami Bisa Bantu Asah Motorik Halus

Masa kanak-kanak merupakan masa bermain, dimana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).Yuk, asah motoriknya dengan media ini,

zoom-inlihat foto Jangan Lewatkan Masa Keemasan Anak, Pewarna hingga Kertas Origami Bisa Bantu Asah Motorik Halus
kiddywampus
Anak hobi corat-coret di dinding pertanda apa?

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Psikolog dari Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati mengatakan masa kanak-kanak merupakan masa bermain, dimana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).

Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal.

"Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan," ujar Aisah melalui keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

Aisah menjelaskan pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada.

Baca juga: Ajak Anak-anak Mengasah Otak dan Psikisnya Sambil Ngabuburit dengan Menggambar dan Mewarnai

Baca juga: Manfaat Mendongeng Lewat Buku: Dapat Melatih Motorik dan Kognitif Anak

Cara Membuat Origami Bunga Cantik Berbentuk Bola, Materi SD Kelas 4-6 di TVRI, Kamis 7 Mei 2020.
Cara Membuat Origami Bunga Cantik Berbentuk Bola, Materi SD Kelas 4-6 di TVRI, Kamis 7 Mei 2020. (Tangkap layar akun YouTube Tutorial Wow !)

Tak hanya mengamati, proses mencampur berbagai macam warna ternyata juga berguna untuk anak.

Hal tersebut mengasah kepekaan emosi yang melibatkan kreativitas dan inisiatif, serta interaksi sosial anak.

"Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak," tutur Aisah.

Sementara itu, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia Richard Panelewen berharap produk pewarna Faber-Castell Creative Art Set Series dapat menumbuhkan ikatan dan interaksi di keluarga.

"Faber-Castell Creative Art Set Series, merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orang tua atau keluarga dan juga dewasa," ungkap Richard.

Faber-Castell Creative Art Set Series, untuk saat ini terbagi menjadi enam produk yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved