Breaking News:

Pacu Kreatifitas Desain Industri Dalam Negeri, Kemenperin Gelar Indonesia Fashion and Craft Awards

Kemenperin menggelar Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020 untuk mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia.

istimewa
Kementerian Perindustrian, melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020 pada Jumat (4/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian, melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020 pada Jumat (4/12/2020).

IFCA merupakan rangkaian dalam acara Creative Fest Bali Creative Industry Center (BCIC) yang direlar secara online pada 3-5 Desember 2020.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa tema yang diusung pada Creative Fest BCIC 2020 ialah The Challenge in Uncertainty Era.

"Creative Fest merupakan upaya dari Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin dalam rangka mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia. Agar menghasilkan produk-produk yang bisa menjawab tantangan dan kondisi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian," tutur Gati saat acara, Jumat (4/12/2020).

ifca
Kementerian Perindustrian, melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020 pada Jumat (4/12/2020).

Gati menilai desain yang berkualitas dan memperhatikan keseimbangan alam, serta keselarasan hubungan antar manusia menjadi elemen yang penting dalam proses produksi.

Dia menambahkan bahwa desain memiliki porsi yang cukup besar dalam penciptaan produk.

"Desain yang baik bisa menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh manusia, sehingga desain yang baik akan terus dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga bisa berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup manusia Indonesia seutuhnya," terangnya.

Baca juga: Kemenperin Apresiasi Pameran Otomotif IIMS Motobike Hybrid Show 2020

Melalui Creative Fest BCIC 2020, Kemenperin juga mengungkap bahwa peserta mengalami kenaikan omset selama coaching clinic.

"Saat ini kita sedang menghadapi pandemi, tetapi ternyata hasil penilaian dan evaluasi dari coaching creative business incubator tahun 2020, peserta itu mengalami peningkatan omset. Rata-rata 64 persen peningkatannya. Ini terjadi pada periode coaching dari bulan Juli-November dibandingkan periode sebelum pelatihan yaitu bulan Januari-Juni," imbuh Gati.

Baca juga: Kemenperin Kawal Realisasi Penurunan Harga Gas Industri

Kemenperin berharap Creative Fest BCIC 2020 dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap industri kriya dan fesyen dalam negeri.

"Melalui peningkatan konsumsi produk dalam negeri diharapkan kita akan mampu menggeser nominasi produk-produk impor, yang pada akhirnya akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional," terang Gati.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved