Breaking News:

Terkait Masalah Kesehatan Ibu dan Anak, Termasuk Persalinan, Bagaimana Kondisi RSIA di Masa Pandemi?

RSIA memang fokus menangani permasalahan kesehatan khusus Ibu dan Anak, tak terkecuali masalah persalinan.

freepik
ilustrasi ibu hamil jalan kaki 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi ibu hamil atau orangtua yang menginginkan kehadiran buah hatinya dalam kondisi dan suasana yang sempurna serta ditangani tenaga medis dan dokter terbaik, tentunya pemilihan rumah sakit menjadi faktor krusial.

Bahkan,  sudah bertumbuh rumah sakit yang khusus menangani kesehatan Ibu dan anak yang dikenal dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang memang fokus menangani permasalahan kesehatan khusus Ibu dan Anak tak terkecuali masalah persalinan.

Kehadiran RSIA sendiri di Indonesia disambut hangat oleh para calon Ibu yang akan melahirkan bahkan sejak awal kehamilan mereka lebih memilih RSIA ketimbang RS umum untuk memeriksa kandungan.

"RSIA dinilai lebih fokus pada penanganan masalah kesehatan ibu dan anak dengan deretan tenaga medis dan dokter yang memang memiliki keterampilan dan kompetensi di bidang kesehatan ibu dan anak serta fasilitas yang mumpuni," kata Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta,  dr Adittya, MARS di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Ibu Menyusui Tak Perlu Cemas, Ketahui Solusi untuk Masalah ASI Mampet

Dikatakannya, RSIA juga sudah seperti rumah dan sahabat bagi ibu dan anak, mulai dari merencanakan kehamilan, memeriksakan kandungan, proses persalinan hingga perawatan bayi dan anak.

Bagaimana calon ibu dan ibu di saat pandemi ini?

dr Adittyam mengakui saat ini masih banyak calon ibu dan ibu takut ke rumah sakit sehingga perlu mengedukasi khususnya bagi para calon Ibu atau Ibu agar tidak perlu parno untuk ke RS di masa pandemi.

Dikatakannya, calon ibu dan ibu harus tetap cermat dalam memilih RSIA dengan protokoler pencegahan virus Covid-19 terbaik.

Khusus untuk wanita hamil yang mencari tempat bersalin, kriteria pemilihan tempat bersalin pun tak sekedar hanya mempertimbangkan tarif persalinan semata.

Baca juga: 8 Makanan yang Bisa Mengurangi Stres, Menjadikan Hidupmu Lebih Bahagia dan Tenang

Halaman
123
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved