Breaking News:

Ruangan Lebih Estetik

4 Tips Membuat Ruangan Lebih Estetik dan Bikin Nyaman

Berikut 4 tips dalam mengatur ruangan di rumahmu agar tak hanya memberikan suasana nyaman tetapi juga membuatnya menjadi lebih estetik.

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi interior rumah. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat harus melakukan banyak aktivitas di rumah, tentu kamu ingin menghadirkan suasana nyaman sehingga dapat membuatmu tetap produktif dalam berkegiatan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan suasana nyaman di rumah yaitu dengan melakukan penataan barang dan elemen pada interior ruangan di rumah. Disamping membuat nyaman, ternyata hal ini juga dapat berpengaruh signifikan terhadap suasana hati kamu, loh!

Melansir dari situs The Chair People, ruangan yang membuat seseorang merasa baik dan mendorong perasaan positif, pada akhirnya akan memberikan manfaat baik untuk kesehatan dan kesejahteraan secara umum. Hal ini dikarenakan lingkungan dapat dengan mudah memengaruhi pikiran dan perasaan seseorang.

Karena itu, di tengah situasi new normal yang membuat masyarakat harus bekerja, belajar, dan melakukan berbagai aktivitas lain dari rumah, sudah saatnya kamu untuk menghadirkan suasana yang nyaman dirumah.

Berikut 4 tips dalam mengatur ruangan di rumahmu agar tak hanya memberikan suasana nyaman tetapi juga membuatnya menjadi lebih estetik.

Gunakan furnitur minimalis    

Pemilihan furnitur yang tepat menjadi hal penting dalam mengatur ruangan. Saat ini, furnitur dengan konsep minimalis modern banyak menjadi pilihan karena dapat memenuhi aspek fungsionalitas dengan optimal dan estetika secara bersamaan.

Biasanya, furnitur minimalis memiliki bentuk yang sederhana seperti kubus atau persegi panjang dengan ukuran yang bervariasi. Disamping itu, warna yang banyak diaplikasikan yaitu warna bernuansa kayu atau polos.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan furnitur minimalis dan pastinya tahan lama agar dapat menghadirkan ruangan yang nyaman sekaligus memberikan nuansa yang aesthetic.

Perhatikan tata letak dan pencahayaan ruangan

Setelah memilih furnitur yang tepat, penempatan tata letak furnitur dan elemen-elemen ruangan lainnya juga perlu diperhatikan. Penataan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan baik sehingga tidak mengganggu ruang gerak dalam beraktivitas.

Disamping itu, agar terdapat kesatuan ruangan yang harmonis, kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan ruangan. Sistem dan kualitas pencahayaan yang baik diperlukan untuk menunjang kebutuhan kamu sebagai penghuni sehingga dapat menghadirkan suasana dan kesan yang nyaman dalam beraktivitas.

Selain itu, dikutip dari Kompas.com, sistem dan kualitas pencahayaan yang baik juga dapat membantu menjaga tingkat kelembapan ideal, sehingga mencegah munculnya bakteri dan menjaga furnitur serta elemen bangunan lain dari kerusakan akibat ruangan yang terlalu lembab.

Pasang dekorasi

Dekorasi ruangan menjadi salah satu pendukung yang dapat memberikan kesan ruangan lebih estetik. Kamu bisa memilih berbagai konsep untuk dekorasi ruangan, misalnya bohemian, retro, ataupun minimalis, yang terpenting jangan berlebihan ya!

Tak perlu mahal dan repot, banyak tutorial dekorasi yang bisa kamu buat sendiri di rumah seperti hiasan kayu atau poster dinding. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan tanaman hias sebagai dekorasi ruangan agar menambah suasana menjadi lebih fresh.

Pilih cat dengan warna netral

Pemilihan warna cat dinding ruangan dapat memberikan pengaruh pada suasana hati seseorang. Hal ini dikarenakan setiap warna memiliki ciri khasnya masing-masing. Kamu bisa mengaplikasikan warna-warna berbeda di setiap ruangan sesuai dengan keinginanmu.

Namun, sebagai pilihan kamu bisa mengambil warna cat dinding yang netral seperti putih atau abu-abu muda. Selain itu, warna-warna dengan tone hangat juga bisa menjadi pilihan terutama untuk kamar tidur atau ruang kerja/belajar.

Yang perlu diperhatikan agar pengecatan dinding interior rumahmu dapat lebih maksimal, sebelum pengecatan sebaiknya kamu membersihkan dan meratakan permukaan dinding dan mengaplikasikan cat dasar. Selain itu, hitung kebutuhan cat dan pastikan kamu memilih cat yang berkualitas.

Cat emulsi untuk interior yang satu ini juga memiliki tampilan warna yang lebih cerah, serta aman bagi lingkungan yang  tersedia dalam kemasan 5kg dan 25kg.

4 Tips Membuat Ruangan Lebih Estetik dan Bikin Nyaman

Untuk pertimbangan, kamu bisa memilih cat yang memiliki daya tutup baik serta tahan terhadap jamur dan lumut seperti ExtraCote dari TOA Paint.

Cat emulsi untuk interior yang satu ini juga memiliki tampilan warna yang lebih cerah, serta aman bagi lingkungan yang  tersedia dalam kemasan 5kg dan 25kg.

Selain itu, salah satu yang kerap dipertimbangkan saat memilih cat ialah waktu pengeringannya yang terkadang lama dan malah menimbulkan bau. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena TOA Paint ExtraCote memiliki waktu kering sentuh yang cepat yaitu 30 menit dan waktu pengecatan ulang 1-2 jam saja. Terlebih, cat ini juga rendah bau.

Dengan beragam pilihan variasi warna dan 20 warna ready mix yang tersedia, TOA Paint ExtraCote dapat diaplikasikan dengan mudah menggunakan kuas, roller, ataupun spray dan menjadi pilihan cat berkualitas untuk ruanganmu yang lebih nyaman dan aesthetic!

Tertarik membeli cat TOA Paint ExtraCote yang berkualitas untuk ruanganmu? Anda bisa mengunjungi laman http://toagroup.co.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved