Breaking News:

MUFFEST 2021 Hadir di Masa Pandemi, Pulihkan Semangat Industri Fesyen Muslim

MUFFEST 2021 untuk pertama kalinya diselenggarakan secara hybrid di lima kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung

Tribunnews/Herudin
Model mengenakan busana rancangan sejumlah desainer pada Indonesia Muslim Fashion Festival (Muffest) 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020). Muffest 2020 yang bertema 'Sustainable Fashion' diselenggarakan pada 20-23 Februari 2020. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pandemi Covid-19 memberi pukulan keras pada semua lini industri. Termasuk juga pada dunia fesyen.

Menurut State of Gobal Islamic Economy Report, tahun lalu nilai belanja produk pakaian muslim turun hingga 2,9% menjadi $268 milyar atau senilai Rp3,9 triliun. Sehingga pandemi turut mempengaruhi ekonomi nasional.

Oleh karena itu, Indonesian Fashion Chamber (IFC) kembali menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST ). Bersama Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO), tema yang diusung tahun ini adalah “Recovery for Fashion Industry”.

Baca juga: FOTO: Peragaan Busana Muslim Karya Sejumlah Desainer Indonesia di Muffest 2020

Baca juga: Kolaborasi IDP dan Wiwiek Hatta Sukses Gelar Virtual Fashion Show Busana Muslimah Syari

MUFFEST 2021 untuk pertama kalinya diselenggarakan secara hybrid di lima kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung. Ini dilakukan sebagai solusi di tengah pandemi.

Dari penyelenggaraan MUFFEST 2021 diharapkan dapat menciptakan suatu gerakan yang kuat.

Sehingga dapat membangkitkan semangat positif dan optimisme bagi seluruh ekosistem industri fesyen muslim.

Model mengenakan busana rancangan sejumlah desainer muda pada Modest Young Designer Competition (MYDC) Indonesia Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (22/2/2020). MYDC digelar untuk menjaring talenta desainer muda di bidang fashion muslim. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Model mengenakan busana rancangan sejumlah desainer muda pada Modest Young Designer Competition (MYDC) Indonesia Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (22/2/2020). MYDC digelar untuk menjaring talenta desainer muda di bidang fashion muslim. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Khususnya pada situasi pandemi saat ini.Upaya ini juga dilakukan untuk membantu keberlangsungan pelaku bisnis fesyen di Indonesia, mulai dari desainer hingga UMKM.

"MUFFEST 2021 hadir sebagai platform yang dapat membantu pelaku industri fesyen muslim untuk mulai memulihkan bisnis secara estafet. Kita harus bisa survive, berusaha, bergerak, untuk menjalankan roda ekosistem fesyen nasional," kata National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma, Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Selain itu acara ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki. Ia turut memberikan apresiasi terkait pelaksanaan MUFFEST 2021.

Dalam sambutannya, Teten mengajak udah saling bersinergi bersama segala lini untuk memperbaiki perekonomian yang terkena imbas pandemi.

"Semoga akan banyak menghasilkan transaksi perdagangan dan kerjasama secara berkelanjutan. Mari kita tingkatkan belanja produk lokal, UMKM, dan bertumbuh mendukung perbaikan perekonomian nasional,” kata Teten Masduki dalam Opening Ceremony MUFFEST 2021.

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved