Breaking News:

Penanganan Covid

Sudah Vaksin, Bukan Berarti Kebal dari Infeksi Covid-19

Dokter menyarankan agar masyarakat jangan dulu melakukan silaturahmi secara fisik sebagai mengantisipasi penularan covid-19.

THINKSTOCK.COM
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Silaturahmi merupakan bagian dari tradisi Hari Raya Idul Fitri. Sanak keluarga saling mengunjungi secara fisik.

Namun, dalam suasana pandemi covid-19 sebaiknya rencana silaturahmi atau bertemu fisik sebaiknya tidak dilakukan sebagai antisipasi penularan.

Namun bagaimana bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin covid-19? Apa boleh silaturahmi secara fisik?

Menurut dr Sinta, sudah vaksin, bukan berarti kebal dari infeksi virus Covid-19. Oleh karenanya tidak disarankan untuk melakukan kunjungan saat lebaran nanti.

Baca juga: Kapan Lebaran 2021? Ini Panduan Salat Idul Fitri 1442 H saat Pandemi Covid-19

Namun jika betul-betul terhindarkan untuk berkunjung ke rumah orang lain, pastikan orang dikunjungi dan yang mengunjungi sama-sama sudah vaksin. 

"Walaupun sudah tidak pasti orang sudah vaksin itu kebal. Tidak pasti tidak menularkan ke orang lain," katanya pada kanal YouTube Sonora FM, Jumat (9/5/2021).

Baca juga: Profesor Jepang: Vaksin Pfizer dan Moderna mRNA Terbukti Sangat Efektif Mengurangi Pandemi Corona

Karena ketidakpastian ini, maka sebaiknya tidak berkerumun dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan seandainya memungkinkan, lakukan pertemuan di luar rumah, seperti di teras rumah. 

Kalau tidak punya teras saat pertemuan disarankan untuk membuka pintu dan jendela. Tidak lupa menyalakan kipas sehingga sirkulasi udara dapat keluar secara baik. 

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved