Breaking News:

Menolak ''Gabut'' di Masa Pandemi, Siswa JIS Geluti Bisnis Clothing

Di usia semuda itu dan tentu saja minim pengalaman, sama sekali tidak membuat Cornell gentar memulai bisnis clothing

dok pribadi
Bosan di masa pandemi, Cornelius Deva Suhartono atau akrab disapa Cornell, siswa Jakarta Intercultural School (JIS), geluti bisnis clothing. Ia memperkenalkan KINE sebagai brand-nya. 

TRIBUNNEWS.COM - Cornellius Deva Suhartono masih muda. Usianya 16 tahun. Namanya pun masih tercatat sebagai siswa di Jakarta Intercultural School (JIS).

Namun, di usia semuda itu dan tentu saja minim pengalaman, sama sekali tidak membuatnya gentar memulai bisnis clothing yang kini ibarat jamur di musim hujan, alias banyak pesaingnya. 

Dengan penuh percaya diri, Cornell, demikian sapaan akrabnya, memperkenalkan KINE sebagai brand clothingnya.

KINE memiliki beberapa produk, dari kemeja flanel, hoodie, hingga t-shirt. Desainnya dinamis dan kekinian sesuai selera anak muda. 

Mengenai KINE sebagai nama brand, Cornell juga sudah membayangkan produknya bakal sampai ke pasar luar negeri.

KINE 85805
KINE, brand clothing yang dibesut Conellius Deva Suhartono, siswa Jakarta Intercultural School (JIS).

"Kan clothing itu main sama kain, kata "kain" aku ganti "kine". Jadi kalau produknya sampai ke luar negeri, misalnya orang Inggris bilang "kine" jadi "kain", tapi kalau "kain" malah "kein"," terangnya.

Sementara, penjualan dilakukan secara online. Menurut Cornell, masa pandemi seperti saat ini, banyak orang memilih belanja secara online ketimbang offline.

Baca juga: Gaya Hidup Anak Muda Bikin Bisnis Clothing Tak Pernah Mati

Karena alasan itu, ia mengembangkan website kinejkt.com dan @kinejkt untuk akun instagram sebagai sarana menghubungkan konsumen dengan produknya.

Lagipula, penjualan online diakuinya lebih murah. Maklum, modal usahanya merupakan hasil menabung dalam beberapa tahun terakhir.

Lantas apa yang membuat Cornell mau susah payah memulai bisnis clothing dari nol? Pandemi covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, mengubah segalanya.

Halaman
12
Penulis: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved