Breaking News:

Rutin Cek Tekanan Darah Penting Dilakukan, Terutama Bagi Orang dengan Riwayat Hipertensi

Orang dengan riwayat hipertensi juga disarankan menerapkan pola hidup sehat. Jaga pola makan, istirahat cukup, dan rajin olahraga.

zoom-inlihat foto Rutin Cek Tekanan Darah Penting Dilakukan, Terutama Bagi Orang dengan Riwayat Hipertensi
Shutterstock
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Orang dengan riwayat hipertensi disarankan menjalani gaya hidup sehat. Perhatikan pola makan.

Hindari makanan tinggi lemak, kolesterol, hingga asupan garam berlebih. Sebab, itu bisa memicu masalah kesehatan yang serius.

Demikian disampaikan pemerhati hipertensi sekaligus Dewan Penasihat Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH) dr. Tunggul D. Situmorang.

"Mereka harus mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, serta menghindari makanan yang membuat tubuh jadi gemuk dan menimbulkan obesitas," terangnya.

Baca juga: Hipertensi Penyebab Utama Penyakit Jantung hingga Gagal Ginjal, Ketahui Pencegahannya

Gaya hidup sehat lain yang ia sarankan adalah berhenti merokok, istirahat yang cukup dan olahraga rutin selama 30-45 menit dalam sehari.

“Pasien hipertensi dapat memilih olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang minimal tiga kali dalam satu minggu,” lanjutnya.

Kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan seperti pengukuran tekanan darah secara benar dan berkala menjadi hal yang sangat penting dalam pengendalian hipertensi.
Kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan seperti pengukuran tekanan darah secara benar dan berkala menjadi hal yang sangat penting dalam pengendalian hipertensi. (medicalnewstoday.com)

Untuk memastikan tekanan darah selalu terkontrol, dr. Tunggul juga menyarankan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin setiap dua kali sehari pada jam yang sama.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang semakin enggan memeriksakan dirinya ke rumah sakit atau klinik kesehatan karena adanya batasan.

“Ini mengapa saya mengatakan bahwa cek tekanan darah di rumah menjadi solusi yang paling pas dan aman,” ujarnya.

Baca juga: Jika Ingin Olahraga, Penderita Hipertensi Wajib Pastikan Denyut nadi dan Tekanan Darah Terkontrol

Sayangnya, kesadaran masyarakat akan pengecekan tekanan darah secara rutin masih terasa kurang.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved