Breaking News:

Flek Hitam Tak Kunjung Hilang! Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Flek  hitam di kulit wajah kerap kali jadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar perempuan.

Dok. Foto Promec Clinic

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Memiliki kulit wajah mulus seperti porselin merupakan impian setiap wanita. Flek  hitam di kulit wajah kerap kali jadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar perempuan.

Dan ternyata, masalah flek hitam ini menempati urutan kedua tertinggi penyakit kulit kosmetik sesudah jerawat. Salah  satu permasalahan kulit yang menjadi penghalang untuk tampil cantik dan mempesona ini sebenarnya bisa dihilangkan  lho!

Dokter ahli spesialis kulit dan kelamin dr. Yoana Sandra Dewanti, SpKK dari Promec Clinic memberikan solusi bagaimana mengatasi gangguan noda flek hitam yang ada pada wajah.

Ia  menjelaskan, flek hitam merupakan istilah awam untuk menyebutkan bintik atau bercak berbentuk cokelat sampai  kebiruan yang muncul di kulit terutama di area wajah. Siapapun pasti terganggu jika terdapat flek hitam pada kulitnya yang menjadikan kulit tidak rata dan mulus.

Sedangkan istilah pigmentasi kulit adalah istilah yang digunakan merujuk kepada perubahan warna kulit yang tidak normal atau berlebihan akibat adanya kelainan pigmen atau sel penghasil pigmen kulit.

Penyebab utama munculnya flek hitam

Meski tidak berbahaya, faktanya banyak orang merasa cukup terganggu dan tidak nyaman jika ada flek hitam di kulit wajah.

Faktor yang menyebabkan flek hitam di kulit dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama, faktor intrinsik (dari dalam) yaitu  genetik, hormon yang tidak seimbang, dan penuaan. Kedua, faktor ekstrinsik  (dari  luar), yaitu sinar matahari, trauma, dan obat obatan.

Cara tepat atasi flek hitam

Dr. Yoana Sandra Dewanti, SpKK menjelaskan pada saat konsultasi, dokter akan melakukan anamnesa, memeriksa kondisi kulit, dan menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan. 

Ia juga menambahkan, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki penampilan kulit yang terkena kelainan  pigmentasi, adalah perlunya melakukan tindakan pengembalian fungsi kulit ke kondisi normal, dengan menggunakan  krim  perawatan  kulit  yang  sesuai. 

Metode ini pun dikenal sebagai skin health restoration, yaitu dengan menggunakan krim malam yang mengandung asam retinoat dan bila memang diperlukan, kita memberikan tambahan hidroquinon dan steroid dengan pengawasan ketat.

Bisa dikombinasikan dengan krim lain seperti aha, glycolic acid, arbutin, kojic acid, serum vitamin C, atau serum yang mengandung asam tranexamat.

Yang tidak kalah penting, tabir surya atau sunscreen harus dipake juga sebagai pelindung dari efek buruk sinar matahari yang menjadi salah satu penyebab flek hitam, sekaligus mengatasi efek sensitif terhadap sinar matahari akibat pemakaian krim malam yang mengandung asam retinoat.

Kemungkinan keberhasilan pengobatan bergantung dari kedalaman flek, kedisiplinan pasien dalam berobat serta aktifitas sehari-hari. Meski sebagian flek superfisial dapat diatasi dengan krim flek saja, namun hasil akan lebih  maksimal jika dibantu dengan tindakan perawatan di klinik seperti Promec Clinic.

"Kita tidak bisa menjamin kelainan pigmentasi akan hilang tetapi kita bisa mengusahakan supaya penampilan kulit lebih  baik dari sebelum waktu pasien datang," tambahnya.

Selain flek memudar, tekstur kulit akan jauh lebih bagus, wajah akan lebih cerah dan segar, dan pori-pori akan mengecil.

Di Promec Clinic sendiri terdapat metode-metode khusus untuk menghilangkan gangguan pigmentasi, dengan hasil  optimal dan membawa perubahan besar, agar wajah pasien makin terlihat sempurna.

Lebih lanjut dokter Yoana memaparkan, klinik kecantikan dengan pelayanan lengkap seperti Promec Clinic dapat membantu mengatasi kelainan pigmentasi berkat berbagai alat modern dan layanan yang ada seperti chemical peeling, skin booster dan laser kulit.

Alat laser yang digunakan untuk mengatasi permasalahan pigmentasi yang dipakai oleh Promec Clinic Pecenongan.
Alat laser yang digunakan untuk mengatasi permasalahan pigmentasi yang dipakai oleh Promec Clinic Pecenongan.

Laser yang spesifik tersedia di Promec Clinic untuk mengatasi pigmentasi yaitu laser glow skin, dan laser CO2 fractional. Pemilihan jenis laser akan disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan pasien.

Saat ini promec juga menawarkan metode baru untuk mengatasi flek hitam yaitu dengan mengkombinasikan beberapa modalitas terapi yang disebut sebagai snow skin laser

Tindakan ini memberikan hasil yang lebih memuaskan dari laser saja. Kulit menjadi lebih kencang, lebih lembab, lebih cerah, dan flek lebih cepat memudar.

Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, semua bergantung kepada jenis flek, kedisiplinan pasien, aktifitas pasien sehari-hari, dan pemilihan jenis perawatan yang tepat.

Soal harga, Promec Clinic juga menawarkan harga terjangkau dengan perawatan lengkap dan penggunaan mesin-mesin berteknologi canggih yang berkualitas.

Selain itu, PROMEC Clinic juga sudah dikenal diseluruh wilayah Indonesia. Promec Clinic dikelola oleh CEO-nya langsung Dr. Fransiska Mochtar SpOG(K),S.H., M.Biomed (AAM), dengan lokasi yang sangat strategis di wilayah ibukota, tepatnya di Jalan Pecenongan No.23, Jakarta Pusat telp. 0813 1880 9572, dan Promec Clinic Pondok Indah di Jalan Iskandar Muda No.9D Jakarta Selatan, telp. 0813 7070 2067.

Tertarik mencobanya? Dapatkan penawaran spesial dan promo menarik dengan mengunjungi situs Promec Clinic www.promec.co.id atau follow Instagram @promec_clinic, @promec_clinic_pondokindah, @yolandamochtar, @fransiskamochtar, @dryoanasandraspkk.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved