Breaking News:

Psikolog Sarankan Orang Tua Jangan Gaptek, Begini Alasannya

Psikolog Dra Astrid Regina Sapiie meminta rang tua perlu mengikuti perkembangan teknologi agar bisa mengerti dan mengikuti pertumbuhan anak.

Tangkap layar kanal YouTube Sonora FM
Psikolog Klinis dan CEO Dear Astrid, Dra Astrid Regina Sapiie saat menjelaskan pentingnya orang tua agar tidak gagap teknologi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Orang tua zaman sekarang was-was dengan banyaknya informasi yang beredar di internet. Sayangnya, banyak orang tua yang tetap memiliki tidak tersentuh internet. Padahal, orang tua seharusnya jangan gagap teknologi alias gaptek.

Hal ini disampaikan oleh Psikolog Klinis dan CEO Dear Astrid, Dra Astrid Regina Sapiie. Orang tua perlu mengikuti perkembangan teknologi agar bisa mengerti dan mengikuti pertumbuhan anak.

"Jangan bilang-bilang dirimu gaptek karena anak-anak pegang sosial media. Kalau anak remaja dan tidak ingin anaknya ‘hilang’, dalam artian anaknya tidak percaya sama mereka karena gaptek," ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM, Rabu (17/8/2022).

Anak bisa saja bergabung dengan remaja lain. Dan dikhawatirkan orang tua tidak dapat memantau perkembangan anak jika terus-menerus gaptek.

Karenanya ia menyarankan untuk ikut dan bergabung. Serta menghayati dunia yang ada di masa anak-anak sekarang ini.

Baca juga: Momen Hari Anak Nasional, Dokter Anak Bagikan 5 Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh

"Buka mata, apa yang ada di depan mata kita. Zaman anak muda saat ini perlunya apa yang di lapangan bukan di teori," kata Astrid lagi.

Selain itu, orang tua bisa saja menyediakan ruang untuk tempat berkumpul teman-teman sang buah hati. Jangan lupa menyediakan sarana rekreasi seperti televisi atau internet.

Sehingga anak betah berada di rumah, dan orang tua bisa mengawasi anak dengan mudah.

"Sediakan jejaring atau televisi. Mungkin ada komputer yang bisa dipakai bersama-sama. Dengan anak anak di rumah, orang tua bisa tahu perkembangan dan perbincangan anak," katanya lagi.

Keuntungan lain yang didapat adalah orang tua bisa dekat dengan teman-teman anak. Apa lagi jika bisa jadi tempat mengobrol, orang tua tidak perlu lagi was-was karena sudah mengetahui bagaimana pergaulan anak

Orang tua yang mengikuti perkembangan anak-anak saat ini mungkin saja bisa menjadi tempat bercerita. Sehingga, orang tua bisa tahu, dunia yang nyata dari anak-anak .

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved