Kulitmu Sensitif? Jangan Salah Pilih Produk Skincare Ya, Kenali Bahan Dasarnya

tidak jarang, pemakaian produk skincare yang salah pun dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti iritasi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
Istimewa
ilustrasi tes produk skincare pada kulit 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun membuat kaum hawa semakin concern terhadap kesehatannya, termasuk kesehatan kulitnya.

Mereka pun kini mulai rutin melakukan perawatan diri (selfcare) dengan berbagai macam produk prerawatan kulit (skincare) yang memiliki kandungan beragam.

Nah, diantara mereka tentunya ada yang cenderung memiliki jenis kulit sensitif.

Sehingga tidak jarang, pemakaian produk skincare yang salah pun dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti iritasi.

Perlu diketahui, kulit sensitif tidak hanya terjadi karena faktor keturunan (genetik) saja, namun juga dapat dipicu faktor lainnya, seperti stress, perubahan hormon, hingga dermatitis kontak.

Dikutip dari NPURE, Selasa (20/9/2022), ciri orang yang memiliki kulit sensitif diantaranya mengalami reaksi kulit saat menggunakan produk skincare tertentu, terkena iritasi saat terpapar sinar matahari, atau gatal dan kemerahan saat bergantinya musim.

"Gejala kulit sensitif yakni gatal-gatal, ruam, kulit kering, berkerak, bintik-bintik, rasa perih, atau muncul sensasi kulit terbakar hingga mengelupas. Penderita kulit sensitif harus memilih produk perawatan kulit dan kecantikan secara hati-hati agar gejala tersebut tidak kambuh," kata Pakar Kecantikan asal Amerika Serikat (AS), Susan Bernstein dalam bukunya 'Sensitive Skin Care: Do I Really Need Different Products?'.

Nah, kamu bisa melakukan tes produk kulit yakni dengan mengoleskan sedikit produk pada bagian kulit belakang telinga, punggung telapak tangan, atau bagian dalam siku.

"Tunggu 24 jam dan lihat apakah muncul alergi atau tidak. Bila iya, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian produk skin care atau kosmetik itu di kulit wajah," jelas Susan.

Jika kamu merupakan salah satu orang dengan kulit sensitif dan terindikasi punya ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya kamu menggunakan skincare dengan bahan yang aman.

Lalu apa saja bahan aman yang terkandung dalam skincare?

Lidah Buaya

Pelembab, serum dan toner untuk kulit sensitif tentunya akan lebih aman jika mengandung lidah buaya.

Bahan ini terbukti mampu membuat rileks kulit sensitif, termasuk kulit yang sedang mengalami iritasi.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved