Pilpres 2024

Wacana Jokowi Boleh Jadi Cawapres 2024, Demokrat Bandingkan saat SBY Ditawarkan 3 Periode Presiden

Muncul wacana Jokowi bisa mencalonkan kembali sebagai cawapres dalam Pemilu 2024. Demokrat membandingkannya saat SBY ditawarkan 3 periode presiden.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Dewi Agustina
Kolase Tribunnews
Kolase foto Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Belakangan ini muncul wacana Jokowi bisa mencalonkan kembali sebagai cawapres dalam Pemilu 2024. Partai Demokrat kemudian membandingkannya saat SBY ditawarkan 3 periode presiden. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan ini muncul wacana bahwa presiden terpilih dua periode bisa mencalonkan kembali sebagai wakil presiden (wapres) dalam Pemilu selanjutnya.

Wacana ini berawal dari pernyataan Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

Bambang Pacul mengatakan Jokowi bisa saja maju sebagai cawapres 2024. Syaratnya, harus ada partai politik (parpol) yang mengusungnya.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara sekaligus Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra membandingkannya dengan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Gerindra Sebut Kemungkinan Jokowi Bisa Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

SBY, kata Herzaky saat itu menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

"Ya kalau dari kami ya. Itu sudah jelas sejak zaman Pak SBY memimpin itu sudah dua kali bahwa kami sangat percaya benar menjaga amanah reformasi," kata Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Ia pun menyinggung saat masa Presiden Soeharto berkuasa saat Orde Baru.

Kemudian masyarakat Indonesia memperjuangkan reformasi dengan adanya pembatasan kekuasaan.

Sebab, lanjut Herzaky, Demokrat menilai jika kekuasaan tidak dibatasi maka sangat berbahaya hingga berpotensi besar merusak sistem demokrasi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved