Bursa Capres

Formappi Apreiasi NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres, Disebut Baik Beri Kejelasan untuk Publik

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus mengapresiasi langkah Partai NasDem lebih awal mendeklarasikan calon presiden.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pengumuman deklarasi Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus mengapresiasi langkah Partai NasDem lebih awal mendeklarasikan calon presiden (capres) yang bakal diusung di 2024.

Seperti diketahui, Partai NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan jadi calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi nama capres tersebut digelar di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Ia menilai deklarasi Anies oleh NasDem ini mengulangi langkah partai yang diketuai Surya Paloh ini yang sebelumnya juga lebih cepat dalam menetapkan nama capres yang bakal diusung.

Itu disampaikannya setelah diskusi bertajuk ‘Transisi DKI Jakarta: Sosok Pj Gubernur dan Masa Depan Jakarta Pasca-IKN’, di Jakarta, Senin (3/10/2022).

“Saya kira baik-baik saja partai politik siapa calon presiden sejak awal daripada menunjukkan drama-drama, kunjung sana, kunjung sini yang tidak ada ujungnya,” kata Lucius Karus.

“Dan ini bagus juga untuk kondisi sistem presidensial kita, kemudian memperjelas mempertegas siapa sosok yang diusung,” lanjutnya.

Menurut Lucius, keputusan NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres yang bakal diusung ini akan mempermudah partai yang berlandaskan nasionalis itu membangun koalisi dengan parpol lain.

Selain itu, lanjut dia, deklarasi ini pun sekaligus memberi kepastian kepada publik untu dapat mempertimbangkan sosok capres yang bakal dipilih berdasarkan parpol yang mendukungnya.

“Semakin cepat memperjelas siapa calon presiden itu semakin bagus baik untuk pembentukan koalisi maupun untuk kepastian publik dalam menyambut calon presiden, juga mempertimbangkan siapa presiden yang skan dipilih di 2024,” katanya.

Baca juga: Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres, NasDem Harus Koalisi Capai Presidential Threshold 20 Persen

Kendati demikian, ia menyayangkan momentum deklarasi itu tidak lama berselang dari tragedi Kanjuruhan yang terjadi seusai laga Arema vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) malam.

“Jadi untuk konteks itu kita apresiasi keputusan NasDem mendeklarasikan hari ini, walaupun situasinya saya kira tidak terlalu tepat, mengingat duka yang terjadi,” ucap Lucius.

Sebelumnya, peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menyoroti momentum Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang bakal diusung pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Lucius menilai deklarasi ini tidak tepat mengingat seiring dengan tragedi Kanjuruhan yang terjadi seusai laga Arema vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) malam.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved