Bursa Capres

Zulkifli Hasan Sebut KIB Prioritaskan Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

Zulhas mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Endra Kurniawan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ABN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri), Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (tengajh) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono usaai melakukan pertemuan di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Pertemuan tersebut diskusi ringan terkait langkah KIB ke depan jelang 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024.

Hal itu diungkapkan Zulhas seusai menggelar pertemuan bersama Airlangga dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Zulhas menuturkan KIB memprioritaskan Airlangga sebagai capres karena Golkar merupakan partai pemenang pemilu kedua pada pemilu 2019.

"Kami tadi sepakat karena demokrasi itu kan pilarnya partai politik. Kalau ketua umum partai politik enggak berani nyapres terus gimana? Demokrasi kita gimana? Oleh karena itu, prioritas ya tentu Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua. Pak Airlangga prioritas, ya pantas layak pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres," kata Zulhas di lokasi.

Baca juga: Bertemu Airlangga dan Zulhas, Mardiono Akui KIB Bahas Ganjar Capres 2024

Menurut Zulhas, sejauh ini KIB memprioritaskan kadernya untuk mengikuti konstelasi politik 2024, namun tak menutup kemungkinan usung calon dari luar koalisi.

"Berikutnya tentu Ketua Umum PAN, berikutnya Ketua Umum PPP. Jadi, diutamakan dari internal KIB. Tentu nanti ada juga yang bergabung kita harapkan, mungkin nanti punya kandidat juga," ujarnya.

Namun, Menteri Perdagangan itu memastikan pihaknya akan memprioritaskan kader dari PAN, Golkar, dan PPP untuk diusung KIB.

"Tentu ada juga yang teman-teman dari luar, yang sudah beredar nama-nama tentu itu akan menjadi pertimbangan bagi kita. Tapi prioritas tentu kedua partai (PPP dan PAN)," imbuhnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved