Kisah Pelajar Piatu yang Nyambi Jualan Angkringan di Banjarnegara Juara Karya Tulis Provinsi

Hidup tanpa orang tua lengkap tentu cobaan hidup yang berat. Siapa pun tak menginginkan kondisi itu terjadi. Tetapi kondisi itu harus dijalani Didi Kh

Kisah Pelajar Piatu yang Nyambi Jualan Angkringan di Banjarnegara Juara Karya Tulis Provinsi
Ist
Didi Khomsa Prasetyana saat terima bantuan dari Yayasan Jumat Barokah Banjarnegara. 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Hidup tanpa orang tua lengkap tentu cobaan hidup yang berat. Siapa pun tak menginginkan kondisi itu terjadi. Tetapi kondisi itu harus dijalani Didi Khomsa Prasetyana.

Ketika beranjak remaja, ibundanya meninggal dunia. Jadi piatu lah dia.    

Di perantauan, Kalimatan Selatan, Didi tinggal bersama ayahnya. Tanpa kasih sayang ibu tak membuat Didi putus asa menjalani kehidupan.

Ia nyatanya tetap tumbuh menjadi siswa berprestasi. Saat SMP ia pernah, dia didapuk sebagai kontingen Jambore Nasional Kalimantan Selatan.

Hingga menginjak SMA, ia memutuskan pulang ke Jawa, Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu Banjarnegara untuk melanjutkan pendidikannya di SMAN 1 Sigaluh.

Sementara sang ayah, memilih bertahan di Kalimantan Selatan untuk mencari nafkah.

Dia tinggal bersama kakak laki-lakinya yang telah menikah. Meski mendapatkan kiriman uang dari sang ayah di Kalimantan, Didi tetap berusaha untuk mandiri. Ia menjadi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu mencukupi kebutuhan hidupnya.

"Setiap hari, Didi mencoba memenuhi kebutuhan hidup dengan menjadi Relawan PMI Banjarnegara," katanya

Tetapi hanya pada kegiatan tertentu relawan sepertinya menerima honor. Didi harus putar otak agar bisa mandiri tanpa bergantung kiriman orang tua. Anak itu tak malu berjualan angkringan demi
mencukupi kebutuhan harian.

Didi harus pandai membagi waktu untuk belajar dan usahanya. Karena itu, ia berjualan saat malam setelah jam belajar usai. Saat teman-temannya bisa istirahat dan bersantai bersama keluarga di rumah, Didi masih harus berjuang mencari uang hingga larut malam.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved