Kisah Perjuangan Peternak Sukses; Pernah Jadi Penambal Ban, Hingga Sapinya Jadi Langganan Jokowi

Jalan kehidupan siapa yang tahu. Itu yang dialami Muhammad Sholeh (55). Warga Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur ini pernah hidup s

KOMPAS.com/HAMZAH
Muhammad Sholeh saat memantau perkembangan sapi yang dipelihara di kandang miliknya. 

TRIBUNNEWS.COM - Jalan kehidupan siapa yang tahu. Itu yang dialami Muhammad Sholeh (55). Warga Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur ini pernah hidup susah.

Sholeh mengatakan, semasa muda, ia pernah menekuni profesi sebagai tukang tambal ban hingga petugas penjaga kebersihan di terminal.

Upahnya pun tidak seberapa. Namun roda berputar. Peruntungan pun berubah, sejak ia memutuskan beralih profesi sebagai peternak.

Bahkan kini, sapi yang dipeliharanya kerap dibeli para pejabat.

“Alhamdulillaah, sejak beberapa tahun lalu banyak pejabat yang beli sapi di sini. Mulai dari bupati, gubernur, hingga presiden. Saya sendiri nggak tahu kenapa, tapi sepertinya sudah rezeki yang digariskan,” ujar Sholeh saat ditemui Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Pria asal Lamongan ini mengatakan, saat ini ia tengah memelihara seekor sapi di rumah peternakan miliknya seluas dua hektar.

Rencananya, sapi tersebut bakal dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Hari Raya Idul Adha (Qurban) mendatang.

“Ini beratnya sekarang sekitar 1,4 ton, dan akan saya upayakan agar bobotnya terus naik  sebelum diambil jelang Hari Raya Qurban nanti. Kemarin memang bukan presiden langsung yang pesan, tapi melalui seseorang yang saya ketahui memang dekat dengan beliau. Tahun sebelumnya juga begitu,” jelasnya.

Selain satu ekor sapi yang diklaim sudah dipesan Presiden Jokowi, terdapat beberapa ekor sapi lain di area peternakan yang sama.

Termasuk, ratusan ekor kambing yang berada di kandang terpisah.

Halaman
123
Berita Populer
Editor: Content Writer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved