Breaking News:

Banjir Dahsyat Jakarta

Jakarta Selatan Daerah Resapan Kini Banjir

Bila dulu kawasan Jakarta Selatan dikenal sebagai daerah resapan air, namun saat ini kawasan Jakarta Selatan justru terendam banjir.

zoom-inlihat foto Jakarta Selatan Daerah Resapan Kini Banjir
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan yang tergenang air, Selasa (1/11/2011)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bila dulu kawasan Jakarta Selatan dikenal sebagai daerah resapan air, namun saat ini kawasan Jakarta Selatan justru terendam banjir. Contoh terbarunya, tentu saja banjir yang melanda kawasan Pondok Labu Jakarta Selatan.

Pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, menuturkan saat ini banjir lebih sering melanda kawasan Jakarta Selatan. Dikatakannya, hal ini seharusnya menjadi perhatian Pemprov DKI, ada apa dengan Jakarta Selatan yang sebelumnya dianggap sebagai kawasan resapan air.

"Kawasan resapan air justru kebanjiran. Ini harus mulai disadari Pemprov DKI, ada apa dengan Jakarta Selatan," ujar Yayat, Selasa (1/11/2011).

Menurutnya kawasan yang dulunya banjir menjadi banjir bisa disebabkan banyak faktor. Seperti semakin rusaknya suatu wilayah, maka titik rawan genangan atau banjir di kawasan tersebut akan berkembang. Kemudian faktor lainnya yang menyebabkan banjir seperti volume sampah di kawasan tersebut, volume air, sampai wilayah yang berubah fungsi menjadi pemukiman.

"Pemprov DKI jangan hanya terfokus pada perbaikan drainase saja, tetapi juga lebih fokus pada pekerjaan non struktural. Misalnya mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di badan-badan sungai atau membuat sumur resapan," kata Yayat.

Ditambahkannya, warga Jakarta juga sudah seharusnya tidak hanya menyalahkan Pemprov DKI karena untuk mengatasi banjir perlu gerakan bersama agar setiap wilayah Jakarta waspada sejak awal.

"Jangan selalu menyalahkan pemerintah, warga Jakarta juga punya peranan untuk mengatasi masalah banjir," imbuhnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved