Pemilihan Gubernur DKI

Biem Benjamin: ODK Harus Punya Hak Pilih

Biem menilai, isu perempuan dengan penyandang disabilitas penting untuk lebih diperhatikan.

zoom-inlihat foto Biem Benjamin: ODK Harus Punya Hak Pilih
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Biem Benjamin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen Biem Benjamin, mendesak Pemprov Jakarta menjamin orang dengan kecacatan (ODK), untuk menggunakan hak pilih mereka besok.

"Saya mendapatkan informasi dari salah satu staf saya yang tuna wicara, bahwa banyak teman-temanya yang belum mengetahui bagaimana melakukan pencoblosan akibat keterbatasan fisik mereka," kata Biem dalam siaran pers yang diterima Tribun Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Biem punya karyawan yang mengalami keterbatasan fisik, sebagai bagian dari komitmennya untuk memenuhi  kuota satu persen tentang penempatan tenaga kerja ODK, yang diamanatkan oleh UU 4/1997 tentang Penyandang Cacat.

"Saya berkomitmen, bahwa untuk memberikan peluang tenaga kerja bagi ODK , khususnya dimulai dari lapangan kerja di pelayanan publik yang masih menjadi domain pemda," ujar Biem.  

Menurut data terbaru, jumlah penyandang cacat di Indonesia terdiri dari tuna netra sebanyak 1.749.981 jiwa, tuna rungu dan wicara (602.784), tuna daksa (1.652.741), dan tuna grahita (777.761). Di Jakarta sendiri ada 21 ribu ODK.  

Biem menilai, isu perempuan dengan penyandang disabilitas penting untuk lebih diperhatikan. Karena, mereka mengalami multidiskriminasi, yaitu sebagai perempuan, penyandang disabilitas, dan sebagian dari mereka hidup dalam kemiskinan.

Kementerian Sosial memperkirakan, populasi penyandang cacat di negara ini sebesar 3,11 persen. Sedangkan  data Kementerian Kesehatan lebih besar, yaitu 6 persen.

Data WHO menyebutkan, jumlah penyandang cacat di negara-negara berkembang sebesar 10 persen dari total penduduk. (*)

BACA JUGA

Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved