Breaking News:

Foke: 30 Tahun Sungai di Jakarta Tak Pernah Dikeruk

Gubernur DKI Fauzi Bowo mengakui bahwa sebagian besar kali di Jakarta selama 30 tahun tidak pernah dikeruk

zoom-inlihat foto Foke: 30 Tahun Sungai di Jakarta Tak Pernah Dikeruk
Tribun Sumsel/ABRIANSYAH LIBERTO
sungai

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Fauzi Bowo mengakui bahwa sebagian besar kali di Jakarta selama 30 tahun tidak pernah dikeruk. Pria berkumis ini pun menjelaskan alasan mengapa kali di Jakarta tak kunjung dikeruk sampai 30 tahun.

"Bukan hanya kali Gunung Sahari yang enggak pernah dikeruk, tetapi sebagian besar kali di Jakarta, 30 tahun tidak pernah dikeruk. Saya sudah bilang ke pemerintah pusat untuk mengeruk sungai-sungai ini," ujar pria yang biasa disapa Foke ini, Rabu (18/7/2012) saat menerima kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Balai Kota, Jakarta.

Foke menuturkan pengerukan sungai dapat membuat aliran air yang dialirkan dari sungai ke laut menjadi besar. Namun menurutnya kendala pengerukan sungai di Jakarta adalah soal dana.

"Waktu itu saya sepakat dengan Menteri Keuangan untuk pinjam (dana). Saya terpaksa pinjam, karena kalau tidak dikerus secara bersamaan dan sistematis tidak akan menyelesaikan masalah," katanya.

Menurutnya Pemprov DKI sudah berbicara dengan World Bank mengenai pinjaman tersebut, dan dalam waktu dua bulan sudah cair dana pinjaman untuk pengerukan sungai tersebut. Akan tetapi, lanjutnya, eksekusi pengerukan sungai ini terkendala regulasi.

"Sampai Gubernurnya sudah mau habis jabatannya, belum juga dikeruk. Ini masalah regulasi. Karena pengerukan ini secara teknis, tanggung jawabnya ada pada pemerintah pusat, Pemprov DKI, serta Balai Besar Sungai Ciliwung dan Cisadane. Saat ini pengerukan sudah masuk proses tender, dan bulan Oktober mungkin sudah bisa dikeruk," pungkasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved