Breaking News:

Jokowi: Monyetnya Kurus-kurus Kayak Saya ha ha ha

Gubernur DKI Joko Widodo meninjau monyet-monyet hasil sitaan Satpol PP di pelataran parkir Monas.

zoom-inlihat foto Jokowi: Monyetnya Kurus-kurus Kayak Saya ha ha ha
kompas.com
Jokowi saat mengangkat kandang monyet

Tribunnews.com, Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo meninjau monyet-monyet hasil sitaan Satpol PP di pelataran parkir Monas. Jokowi mengutarakan keprihatinannya atas kondisi monyet tersebut.

"Kasihan ya monyetnya, kurus-kurus kayak saya," ujar Jokowi sambil tertawa, pada Rabu (23/10/2013) pagi.

Monyet-monyet dikurung di beberapa kandang kawat dan besi. Semula, Jokowi dengan kemeja khasnya warna putih berlengan panjang, tampak enggan menyentuh kandang monyet tersebut.

"Ndak usah ah, ini kan rabies gini," ujar Jokowi.

Namun, setelah dibujuk wartawan, ia akhirnya mengangkat kandang berisi satu ekor monyet. Monyet di dalam kandang pun tidak berontak. Monyet tampak tenang meski diajak Jokowi berputar dari satu kamera ke kamera lainnya.

Monyet-monyet itu adalah hasil razia Satpol PP satu hari kemarin, Selasa 22 Oktober 2013 di lima wilayah di Jakarta. Pemprov DKI melalui Dinas Perikanan dan Kelautan DKI pun membeli monyet itu seharga Rp 1 juta per ekor.

Monyet itu akan divaksin terlebih dahulu sebelum dikirim ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Kebijakan itu memiliki empat landasan hukum, yakni Undang-Undang Nomor 18 Tahun 200 9 tentang Peternakan dan Kesehatan Pasal 66 Ayat 2g, Peraturan Kementerian Pertanian Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan Pasal 83 Ayat 2, Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies Pasal 6 Ayat 1 dan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 17 Ayat 2.

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved