Breaking News:

Tercemar Limbah, Warga Tidak Takut Konsumsi Udang Mabuk di Kalimalang ‎

Air Kalimalang berwarna hitam pekat dan berbau karena tercemar limbah, tidak menyurutkan niat warga untuk berburu udang dan ikan "mabuk" di kali itu.

Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Berbekal jaring-jaring kecil, Sobur menyusuri Kalimalang. Dengan telaten dia mencari udang serta ikan di Kalimalang. Ikan serta udang yang didapat lalu dikumpulkan di dalam kantong plastik kecil. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Air Kalimalang berwarna hitam pekat dan berbau karena tercemar limbah, tidak menyurutkan niat warga untuk berburu udang dan ikan "mabuk" di kali tersebut.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, ternyata warga menyebut udang dan ikan mabuk pasalnya saat Kalimalang tercemar limbah pabrik karena bahan kimia maka udang dan ikan akan terkena dampaknya.

Beberapa ikan serta udang yang biasanya susah didapat, kini dengan mudah ditangkap. Pasalnya ikan dan udang ini akan muncul ke permukaan air, mereka tidak kuat dengan air limbah.

Kondisi itulah yang membuat warga sekitar Kalimalang menyebutnya sebagai "udang dan ikan mabuk", mabuk karena bahan kimia yang mencemari aliran kali.‎

"Dari kemarin karena Kalimalang kena limbah, orang banyak nyari ikan dan udang mabuk. Mabuk bukan miras, mabuk karena limbah kimia," kata Sobur, warga Curug, Kalimalang, Rabu (4/11/2015).

Lalu apakah Sobur tidak takut mengkonsumsi ikan serta udang-udang kecil yang dipumuti dirinya dari pinggiran Kalimalang?

Menjawab hal itu, Sobur mengaku dirinya akan baik-baik saja dan sama sekali tidak takut pingsan atau sakit karena makan udang dan ikan yang tercemar limbah.

"Ya takut, udang sama ikannya doang ya mabuk, orang yang makan sih gak ngaruh. Kalau memang keracunan ya keracunan saja. Tapi ya jangan lah, dulu-dulu pas Kalimalang kena limbah saya juga ngambil udang dan dimakan. Sampai sekarang sehat-sehat saja," tutur Sobur.

Kali ini demi bisa berburu udang-udang kecil, Sobur yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang bangunan sengaja libur dan memilih untuk basah-basahan di Kalimalang mencari udang serta ikan untuk dikonsumsi.

Berbekal jaring-jaring kecil, Sobur menyusuri Kalimalang. Dengan telaten dia mencari udang serta ikan di Kalimalang. Ikan serta udang yang didapat lalu dikumpulkan di dalam kantong plastik kecil.

"Yah lumayan lah, iseng-iseng nyari udang. Buat dimakan, dimasak sendiri. Kalau tahan mah berjam-jam nyari bisa dapet sekilo lebih. Kadang kalau beruntung dapet ikan gabus, dan sapu-sapu juga," tambahnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Gusti Sawabi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved