Breaking News:

Terburuk dalam Kepuasan Berkendara, Ahok Salahkan Ketidakdisiplinan Warga Jakarta

Jakarta jadi kota dengan tingkat kepuasan berkendara terburuk kedua, setelah Manila, Filipina.

Tribunnews.com/Lendy Ramadhan
Ahok 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jakarta jadi kota dengan tingkat kepuasan berkendara terburuk kedua, setelah Manila, Filipina.
Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyalahkan pengedara yang tidak disiplin atas capaian tersebut.

Survei secara global yang dilakukan aplikasi navigasi lalu lintas, Waze, memaparkan polusi, kemacetan, dan kualitas jalan di Jakarta menjadi alasan ibu kota menempati urutan kedua terburuk pada survei tersebut.

Basuki sebagai orang nomor satu di DKI menyebut, alasan Jakarta ada di dua terbawah karena pengendara yang melintas di Jakarta tidak disiplin.

"Tidak mungkin ramah, kalau pengendara tidak disiplin," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2015)

Untuk itu pada 2016 mendatang, Pemerintah Provinsi DKI akan menerapkan lima tertib yang satu di antaranya tertib lalu lintas.

"Kita sudah kerjasama dengan polisi. Karena pengendara kita ini, rata-rata lawan arus dan motong (jalan) seenaknya," imbuhnya.

Nantinya, demi menerapkan program tertib lalu lintas seluruh kendaraan yang parkir sembarangan di jalan Jakarta akan diangkut mobil derek.

"Tahun depan beli mobil derek. Kita akan derek (yang parkir sembarangan). Orang mau marah ya terserah," kata Mantan Bupati Belitung Timur ini.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, jumlah unit kendaraan bermotor hingga akhir 2014 di Jakarta sebanyak 17.523.967 unit yang didominasi oleh kendaraan roda dua dengan jumlah 13.084.372 unit.

Diikuti dengan mobil pribadi sebanyak 3.226.009 unit, mobil barang 673.661 unit, bus 362.066 unit, dan kendaraan khusus 137.859 unit.

Jumlah motor dan mobil di Jakarta meningkat sebesar 12 persen tiap tahunnya,

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved