Breaking News:

Rumah Terverifikasi 'Bedah Rumah', Djarot Minta Wali Kota Keluarkan Surat Keputusan

Djarot Saiful Hidayat menyebut ada 83 rumah di Cilincing yang telah dianggap layak untuk dilakukan pembedahan.

Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tengah menyerahkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) saat meresmikan program Bedah Rumah di Jalan Cilincing Lama, Cilincing, Jakarta Utara, Seni, (17/4/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai meresmikan Program Bedah Rumah di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menyebut ada 83 rumah di Cilincing yang telah dianggap layak untuk dilakukan pembedahan.

"Ada 83 (rumah) yang (akan dibedah) di kelurahan Cilincing," ujar Djarot, di Jalan Cilincing Lama, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (17/4/2017).

Djarot menjelaskan, untuk rumah yang telah terdata, ia meminta agar seluruh Wali Kota di DKI segera mengeluarkan Surat Keputusan terkait perizinan sebelum program itu diterapkan pada rumah-rumah tersebut.

"Yang sudah didata, dimasukkan semua verifikasi, (saya minta) dikeluarkan SK Wali Kota, seluruhnya ya, bukan Jakarta Utara saja," kata Djarot.

Untuk tenaga yang akan dikerahkan dalam menjalankan program itu, mantan Wali Kota Blitar itu menuturkan, selain Pasukan Merah, Pemerintah Provinsi DKI akan mengerahkan Pasukan Orange, Biru, Kuning, serta Hijau.

"PPSU, Pasukan Biru, Kuning, Hijau, Merah (digerakkan)," kata Djarot.

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa Pasukan Merah yang akan memiliki tugas lebih besar dibandingkan pasukan lainnya.

Hal tersebut karena Pasukan Merah bertugas untuk fokus pada pembangunan dalam program tersebut.

"Khusus Pasukan Merah, (mereka) dilatih di perusahaan baja ringan untuk segera (bedah rumah itu) dikerjakan," tegas Djarot.

Menurutnya, jika program tersebut secara serius dilakukan, maka penyakit-penyakit yang biasa muncul di wilayah pemukiman kumuh bisa berkurang.

"Ini bisa turunkan (tingkat wilayah) rawan penyakit TBC, Diare, ISPA, in kewajiban kita semua," ujar Djarot.

Dalam peresmian program tersebut, Djarot resmi menyerahkan secara simbolis Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada 9 warga dari 16 warga yang rumahnya akan dibedah di wilayah tersebut.

Djarot juga mengucapkan terima kasih pada Ketua Rukun Tetangga (RT) 015 serta PT Tata Logam yang telah memberikan dana CSR pada program bedah rumah di kawasan padat penduduk itu.

Sebanyak 16 dari target 18 rumah telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Dari 16 rumah tersebut, 1 rumah sudah rampung dikerjakan, 10 dalam tahap pembongkaran, sedangkan 1 rumah tengah dalam proses pengerjaan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved