Breaking News:

Gubernur Baru Jakarta

Fadli Zon: Pendukung Anies-Sandi Harus Jadi Warga Kritis

Keduanya akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini, Senin (16/10/2017).

fadli zon 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Keduanya akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini, Senin (16/10/2017).

Di sela-sela memimpin delegasi parlemen Indonesia dalam Sidang Majelis Umum IPU (Inter-Parliamentary Union) ke-137 di St. Petersburg, Rusia, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyampaikan "Selamat atas pelantikan Saudara Anies Baswedan dan Saudara Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru. Semoga keduanya bisa memberikan harapan dan pengalaman baru yang lebih baik bagi warga Jakarta," kata Fadli dalam keterangan pers kepada wartawan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan, setelah dilantik, keduanya tentu saja harus segera melakukan konsolidasi politik untuk menunaikan janji-janji semasa kampanyenya kemarin.

"Memang tak mungkin bisa seketika dilaksanakan, karena untuk merealisasikan janji dan program tersebut mereka saat ini masih terikat kepada APBD DKI yang disusun oleh Gubernur Djarot. Begitu pula Gubernur Anies belum bisa menyusun tim birokrasi pendukungnya hingga enam bulan ke depan," kata Fadli.

Untuk itu menurutnya, hingga penyusunan APBD Perubahan tahun depan, Anies dan Sandi harus menggunakan waktunya untuk mengenal dan berkonsolidasi dengan mesin birokrasi DKI.

"Bagaimanapun, ujung tombak pemerintahan memang ada di birokrasi," kata Fadli.

Baca: Anies-Sandi Ikuti Gladi Resik Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

Lebih lanjut dirinya mengaku yakin Anies dan Sandi mampu merealisasikan janji-janjinya.

"Tentu saja dengan bantuan dari semua pihak, baik berupa support maupun pengawasan. Sesudah dilantik, Anies dan Sandi saya kira lebih membutuhkan kritik yang membangun dan masukan daripada puja-puji," katanya.

Fadli berpesan, jika ingin Anies dan Sandi berhasil, mulai hari ini para pendukungnya harus bisa mengubah perannya, dari sebelumnya menjadi pendukung fanatik, kini harus bisa bertransformasi menjadi warga Jakarta yang kritis.

"Tantangan terbesar yang harus segera dihadapi Anies dan Sandi adalah terkait janji untuk menghentikan reklamasi. Mereka harus berhadapan dengan dua kekuatan yang tak bisa diremehkan," katanya.

Lebih lanjut Fadi mengatakan, ada kekuatan para pengembang besar yang selama ini selalu berhasil mendikte pemerintah DKI.

"Kedua, mereka juga harus berhadapan dengan fait accompli yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat yang sejak awal terbukti tak mendukung upaya penghentian reklamasi. Isu ini harus segera dihadapi dan diselesaikan oleh Anies-Sandi, karena pengaruhnya besar terhadap kepercayaan publik," kata Fadli.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved